Pemprov DKI Siapkan Skenario Penanganan Jika Pasien COVID-19 Melonjak

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 25 Maret 2020
Pemprov DKI Siapkan Skenario Penanganan Jika Pasien COVID-19 Melonjak
Ilustrasi. Foto: ANTARA

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menyiapkan skenario penanganan jika wabah virus corona mengalami lonjakan tajam di ibu kota.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Widyastuti mengaku, Gubernur Anies Baswedan telah berkoordinasi dengan Presiden Jokowi membahas penanganan COVID-19, mengingat jumlah kasus positif yang terus meningkat.

Baca Juga

Aktivis: Rapid Test COVID-19 Anggota DPR Lukai Hati Rakyat

"DKI Jakarta sudah menyiapkan skenario untuk menangani ketika kasusnya berjumlah 500, 1.000, bahkan sampai dengan 8.000 orang terkonfirmasi positif," kata Widyastuti di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (24/3).

Skenario yang disiapkan dibagi 3 kelompok mereka yang terindikasi positif. Kelompok pertama kategori parah atau kritis sebesar 8 persen, kelompok kedua kasus berat 12 persen, dan kelompok ketiga kategori ringan sebesar 80 persen.

Ilustrasi pasien positif Virus Corona. (ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko)
Ilustrasi pasien positif Virus Corona. (ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko)

“Dengan skenario itu, maka yang membutuhkan perawatan intensif adalah 20 persen pertama, yang 80 persen gejalanya ringan sehingga bisa menggunakan fasilitas yang relatif minim termasuk ke wisma atlit atau RS lain," kata Widyastuti di Jakarta, Rabu (25/3).

"Tapi, yang 20 persen pertama akan membutuhkan fasilitas kesehatan lengkap (ventilator, bantuan oksigen, peralatan medis yang intensif) ini levelnya ICU dan IGD untuk 20 persen pasien yang masuk," sambungnya.

Baca Juga

Solo KLB COVID-19, Pengusaha Hotel Rumahkan Karyawan dan Minta Keringanan Pajak

Selain itu, Widyastuti juga menyatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta akan berkoordinasi dengan seluruh elemen masyarakt dalam mengenai skenario penanganan COVID-19 di Jakarta.

"Pemprov DKI akan terus berkoordinasi dengan Pangdam, Kapolda, dan Satgas Nasional terutama terkait dengan pemanfaatan Wisma Atlet ketika ke depan berhadapan dengan kasus-kasus yang ada," tutupnya. (Asp)

#Virus Corona #Pasien Corona
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan