Pemprov DKI Siapkan Bansos untuk Pasien COVID-19 yang Isolasi Mandiri

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 03 Februari 2022
Pemprov DKI Siapkan Bansos untuk Pasien COVID-19 yang Isolasi Mandiri
Bantuan sosial. Foto: Merahputih.com / Rizki Fitrianto

MerahPutih.com - Program bantuan sosial (bansos) berupa sembako akan kembali dilaksanakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk warga yang positif COVID-19 dan sedang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Kepala Seksi Jaminan Sosial Dinas Sosial (Dinsos) DKI, Ahmad Taufiq mengatakan, pihaknya telah selesai menentukan isi paket yang akan diberikan kepada pasien COVID-19. Tiap orang nantinya akan mendapatkan satu paket sembako.

Baca Juga

[HOAKS atau FAKTA] Bansos Kemensos untuk Dosen, Guru, Siswa, dan Mahasiswa

"Jenisnya sudah ditentukan, untuk yang Isoman itu sembako dalam bentuk beras 20 kilogram, terus minyak 2 liter, sarden tujuh, biskuit kaleng yang ukuran buat, mie instan satu dus. Per paket per-KK (Kepala Keluarga)," ujar Taufiq saat dikonfirmasi, Rabu (3/2).

Taufiq mengatakan, Dinsos bakal menyalurkan sembako kepada pasien virus corona, setelah adanya keputusan untuk dibagikan oleh pimpinan Pemprov DKI.

Saat ini, kata Taufiq, sejumlah kelurahan di Jakarta sudah mulai mengajukan lagi permintaan paket Bansos. Ia pun yakin pihaknya mampu memenuhi stok yang dibutuhkan.

Hingga sekarang ini Dinsos DKI Jakarta memiliki stok hampir 18 ribu paket sembako sisa program Bansos dari tahun 2021 lalu.

"Tadinya (punya stok) 24 ribu sudah keambil dari kelurahan," cetus anak buah Gubernur Anies Baswedan ini.

Baca Juga

Legislator PKS Nilai Kasus Bansos dan Benur Sejarah Kelam Rezim Jokowi Selama 2021

Taufiq melanjutkan, saat ini pihaknya fokus menghabiskan stok paket Bansos yang ada. Jika nantinya sudah mulai habis, Dinsos mengajukan lagi untuk penambahan menggunakan dana dari Belanja Tak Terduga (BTT).

"Rencana jika stok yang ada tinggal 5000an mungkin kita akan mengajukan kembali untuk penambahan paket sembako. Karena diprediksi akan tinggi di Februari sampai Maret," pungkasnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta berencana akan memberikan kembali bantuan sosial untuk warga yang sedang menjalani isolasi mandiri karena terkonfirmasi COVID-19.

Kebijakan ini diambil karena angka penularan virus corona belakangan kembali meroket di ibu kota. Rencana ini juga merupakan kesepakatan yang diambil setelah Gubernur Anies Baswedan mengadakan rapat bersama jajarannya.

"Kami akan persiapkan bansos untuk isoman ya, bahkan ada juga dapur umum di lima wilayah," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (2/2). (Asp)

Baca Juga

Ada Telur Busuk di Paket Bansos, Ketua DPRD Bogor Minta Aparat Selidiki

#Pemprov DKI #Bantuan Sosial #COVID-19 #Kasus COVID-19
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan