Pemprov DKI Siapkan 31 Truk Buat Angkut Kendaraan Roda Dua Milik Pemudik

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 12 April 2022
Pemprov DKI Siapkan 31 Truk Buat Angkut Kendaraan Roda Dua Milik Pemudik
Ilustrasi mudik. (Foto: MP/Rizky)

MerahPutih.com - Antusiasme warga untuk merayakan lebaran di kampung halaman pada 2022 akan sangat tinggi. Paling tidak, 85 juta akan melakukan mudik dalam dua pekan mendatang.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menyiapkan ratusan bus dan truk untuk melayani arus mudik serta balik gratis pada Idul Fitri 2022.

Baca Juga:

Pendaftaran Peserta Mudik Gratis Kemenhub Ditutup 24 April

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebutkan, untuk bus akan disediakan sebanyak 492 unit untuk mengangkut para pemudik. Rinciannya, 292 bus yang akan diberangkatkan pada arus mudik. Kemudian arus baliknya ada 200 bus yang akan menjemput para pemudik yang akan kembali ke Jakarta.

Sementara untuk truk, Syafrin menjelaskan, Pemerintah Provinsi DKI menyediakan sebanyak 31 truk untuk mengangkut kendaraan roda dua milik para pemudik terdiri dari 22 truk berangkat saat arus mudik, sementara sembilan truk untuk melayani arus balik.

Syafrin menyebutkan, bus hingga truk tersebut untuk sementara menuju ke kota pada lima provinsi tujuan mudik yang sebelumnya telah diidentifikasi oleh Dishub DKI, yakni Sumatera Selatan di Palembang, Lampung, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur.

Ia memaparkan, untuk pengumuman pendaftaran mudik berikut persyaratan akan segera dikeluarkan oleh pihaknya secara daring atau lewat Website Dishub.

"Tentu secara online akan bisa daftar. Salah satu persyaratannya peserta mudik wajib ber-KTP Jakarta," tuturnya.

Sebelumnya, Jasa Marga memprediksi puncak arus mudik Lebaran tahun ini akan terjadi pada 29 April dan puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada 8 Mei.

Jasa Marga menyampaikan bahwa jumlah arus mudik pada tahun ini diperkirakan akan melebihi arus mudik pada tahun 2019 yang tercatat sekitar 2,5 juta kendaraan.

Pada tahun 2020, arus mudik turun 40 persen di mana hanya sekitar 900.000 kendaraan, sedangkan pada tahun 2021 tercatat sekitar 1,4 juta kendaraan. (Asp)

Baca Juga:

Pemprov DKI Siapkan 3 Terminal Tambahan Antisipasi Lonjakan Pemudik

#Mudik #Arus Mudik #Mudik Gratis #Lebaran #Idul Fitri #Ramadan
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan