Pemprov DKI Siapkan 3 Rumah Sakit Rawat Pasien Virus Corona

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 27 Januari 2020
Pemprov DKI Siapkan 3 Rumah Sakit Rawat Pasien Virus Corona
Kepala Dinkes DKI Widyastuti. Foto: Reza/beritajakarta.id

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI telah menyiapkan 3 Rumah Sakit (RS) yang bisa menangani pasien terpapar virus Corona.

Adapun 3 rumah sakit yang bisa merawat pasien terkena virus mematikan itu, yakni; Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Suroso, Jakarta Utara, RS Tarakan dan RSPAD Gatot Subroto.

Baca Juga

DPR Desak Pemerintah Segera Evakuasi WNI di Wuhan

"Sementara ini Jakarta ada 3 tiga RS rujukan ada RS Sulianti Suroso rumah sakit infeksi, RS Tarakan, dan RSPAD," ujar Kepala Dinkes DKI Widyastuti di Jakarta, Senin (27/1).

RSPI Sulianti
Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Suroso

Widyastuti menambahkan, pihaknya tak menuntut kemungkinan akan menambah jumlah rumah sakit rujukan untuk pasien suspect Corona.

"Apa yang sudah kita latih adalah yang dekat dengan bandara adalah RSUD Koja dan RSUD Cengkareng. Ke depannya kita mengejar yang lain," papar dia.

Ia juga memastikan bahwa kelepakan alat pelindung diri (APD) yang dimiliki Dinkes DKI sudah sangat siap melayani pasien. Kesiapan ini, lanjutnya, sudah ditunjukkan mulai dari puskesmas hingga RS.

Baca Juga

Virus Corona Rentan Dibawa Masuk ke Indonesia Oleh Orang-Orang Ini

"Hari ini juga kita mengundang kembali mereview ulang bagaimana cara pemakaian APD termasuk cara pengambilan spesimen. Karena spesimen pemeriksaan ini baru hisa dilakukan di litbangkes tapi tim kita sudah bisa tata cara mengambilnya sehingga yang dirujuk adalah pengiriman sampelnya," tutupnya. (Asp)

#Virus Corona
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan