Pemprov DKI Segera Salurkan Bansos Tahap ke-II, Penerima Jadi 2 Juta Orang Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) DKI Jakarta, Irmansyah (MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) DKI Jakarta, Irmansyah mengatakan pihaknya saat ini tengah melakukan perbaikan data penerima bantuan sosial (bansos) berupa paket sembako bagi warga miskin dan rentan miskin selama PSBB akibat pandemi corona.

Irmansyah menegaskan, bila data perbaikan sudah sempurna Pemprov DKI akan segera mendistribusikan bantuan sembako tahap ke II.

Baca Juga:

DPRD Sepakati Penyesuaian APBD di Tengah Pandemi Corona

"Hasil evaluasi yang dilakukan adalah terkait dengan data penerima bansos yang harus di update kembali, terutama bagi mereka yang layak mendapatkan tapi belum masuk data," kata Irmansyah di gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Rabu (6/5).

Paket Sembako bansos corona DKI Jakarta
Paket bantuan sembako untuk warga DKI yang terdampak corona (Foto: antaranews)

Irmansyah menjelaskan pihaknya telah menghimpun update data tersebut dari berbagai sumber. Diantaranya melalui laporan yang disampaikan oleh pihak RT dan RW setempat.

Ia pun memerkirakan target penerima bansos yang semula sebanyak 1,2 juta orang akan bertambah hingga sekitar 2 juta orang penerima.

"Untuk tahap kedua itu datanya akan bertambah. Dan pendataan itu dilakukan oleh Kominfo dan Dukcapil, tapi angka sementara kan sekitar 2 juta-an orang penerima. Tapi sekarang lagi dilakukan proses pemadanan dara dulu," terang dia.

Irmansyah menuturkan bahwa dalam melakukan pendataan pihaknya juga menerapkan kriteria terhadap masyakarat yang layak menerima bansos. Hal itu dilakukan agar pemberian bansos dapat tepat sasaran.

"Kalau kriteria yang dari RW kan ada formnya tuh. Antara lain penghasilannya di bawah Rp5 juta, dan yang lainnya," ujarnya.

Irmansyah menyebut bahwa dalam pendistribusian bansos tahap kedua ini, nantinya akan berbarengan langsung dengan pemberian bansos presiden (banpres) atau dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Baca Juga:

DPRD Sepakati Penyesuaian APBD di Tengah Pandemi Corona

Untuk itu, dia pun akan memastikan, seluruh data yang dihimpun valid dan tidak ada masyakarat yang mendapatkan bansos ganda.

Adapun bantuan yang diberikan berupa paket bahan pangan pokok seperti beras 5 kg 1 karung, sarden 2 kaleng kecil, minyak goreng 0,9 lt 1 pouch, biskuit 2 bungkus, masker kain 2 lembar, dan sabun mandi 2 batang.

Harga dalam satu paket sembako itu senilai Rp149.500. Pemprov DKI juga tegaskan tidak ada uang tunai di paket sembako itu.(Asp)

Baca Juga:

DPRD Sepakati Penyesuaian APBD di Tengah Pandemi Corona

Kredit : asropihs


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH