Pemprov DKI Sebut AEON Mall Cakung Belum Penuhi Kewajiban Buat Waduk Kaca salah satu tenant Mall AEON Jakarta Garden City yang dirusak oleh sejumlah orang pada Selasa pagi (25/2/2020). ANTARA/Fianda Rassat

MerahPutih.com - Sekretaris Daerah (Sekda) DKI, Saefullah mengatakan ada kewajiban yang belum ditunaikan atau diselesaikan oleh pihak AEON Mall Jakarta Timur dalam perjanjian Surat Ijin Penunjukan Penggunaan Tanah (SIPPT).

Diketahui, ratusan warga Cakung mengamuk di Mal AEON Mall Jakarta Timur pada Selasa (25/2) kemarin. Mereka meluapkan emosinya itu karena menduga mal tersebut pangkal dari tempat tinggalnya terkepung banjir.

Baca Juga

Bukan Dijarah, AEON Mall Cakung Dirusak Warga karena Dituduh Pemicu Banjir

"Jadi sudah diintruksikan kepada jakarta garden city untuk menunaikan kewajiban-kewajibannya yan tertuang dalam SIPPT yang di tanda tanganin antara pemprov dengan pihak JGC," ujar Saefullah di pintu air Manggarai, Jakarta, Selasa (25/2)

Sekda
Sekda DKI Jakarta, Saefullah. Foto: MP/Asropih

Saefullah menerangkan salah satu isi perjanjian tersebut adalah pihak manajemen JGC harus menuntaskan fasilitas prasarana dan sarana umum untuk memastikan kawasan tersebut terbebas dari banjir.

"Salah satunya adalah menuntaskan waduk dengan fasilitasnya pompa dan saluran yang memadai serta menyediakan lahan waduk sejumlah 25 hektare dan lain lain. jadi itu kewajiban yang tertuap dalam SIPPT yang sudah di tandatangani beberapa tahun yang lalu," jelasnya.

Sejumlah petugas memeriksa kerusakan pascakerusuhan di AEON Mall Cakung, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/aww.
Sejumlah petugas memeriksa kerusakan pascakerusuhan di AEON Mall Cakung, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/aww.

Sekda menerangkan bahwa manajemen PGC tak tinggal diam, mereka sudah mengerjakan drainase tapi belum selesai dilakukan. Hal inilah yang membuat warga marah karena air mengalir ke pemukimannya.

"Belom tuntas. desainnya udah ada. memang di situ sebetulnya kemarin sudah kita kasih saran untuk dibuat sodetan ke BKT (banjir kanal timur). kemarin BBWSCC juga sudah kita sampaikan dalam rapat bahwa kita akan menyodet dari JGC yang memang punya dampak ke selatan maupun ke utara dari JGC itu. sudah kita izin untuk sodet," jelas dia.

Baca Juga

Polisi Tangkap Seorang Pelaku Penyerangan AEON Mall Jakarta Timur

Tambah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies mengatakan pihaknya juga sudah memanggil pihak Jakarta Garden City pada Senin (25/2) kemarin. Pemnggilan itu untuk mendorong pihak JGC untuk menunaikan kewajiban sesuai dengan SIPPT.

"Kemudian pengelola juga sudah dipanggil kemarin. pengelola jgc itu dipanggil senin kemarin," ungkap Anies. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH