Pemprov DKI Punya Bilik Isolasi Mandiri Kasus ODP Corona, Ukurannya 2,5x2,5 Meter Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: antaranews)

MerahPutih.Com - Pemprov DKI Jakarta mempunyai bilik isolasi mandiri yang berada di Gedung Kesenian Tanah Abang, Jakarta Pusat. Nantinya bilik ini digunakan untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) selama 14 hari masa inkubasi.

Hal itu dikatakan Gubernur Anies Baswedan melalui media sosial Instagram miliknya bernama @aniesbaswedan pada Minggu (17/5) saat meninjau langsung bilik isolasi tersebut.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Enam Anggota Polri Meninggal Dunia Akibat Corona

Orang nomor satu di Jakarta ini mengatakan, bilik sederhana ini berukuran 2,5 x 2,5 meter, berfungsi untuk membantu dalam pencegahan penularan COVlD-19 di ibu kota.

Ilustrasi bilik isolasi mandiri
Ilustrasi bilik isolasi mandiri (Foto: antaranews)

Bilik ini merupakan hasil kerja bersama Satgas COVID-19 DKI, Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), BUMD Sarana Jaya dan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat.

"Seperti kita tahu bahwa 80% kasus terpapar COVID-19 merupakan mereka yang bergejala ringan dan tak bergejala, diharuskan untuk isolasi mandiri selama 14 hari," ujar Anies.

Anies menjelaskan, alasan Pemprov DKI membuat tempat isolasi mandiri lantaran menyadari di Jakarta masih banyak perkampungan-perkampungan padat penduduk, yang kesulitan ruang untuk isolasi mandiri di rumahnya.

Anies pun mengklaim, saat ini setiap kelurahan di Jakarta sudah menyiapkan tempat untuk isolasi mandiri bagi warga yang dalam ODP atau gejala ringan.

Baca Juga:

Jelang Idul Fitri, Kolang Kaling dan Timun Suri Aman Formalin

"Terobosan bilik isolasi mandiri ini merupakan solusi terbaik agar fasilitas kesehatan lanjutan dapat diprioritaskan sepenuhnya bagi mereka yang bergejala berat COVlD-19 dan membutuhkan perawatan intensif," tuturnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini pun berharap kehadiran bilik isolasi mandiri ini bisa membantu menyelesaikan secepatnya wabah corona di Jakarta.

"InsaAllah keberadaan bilik isolasi ini bisa membantu percepatan penanganan COVID-19 di Jakarta," pungkasnya.(Asp)

Baca Juga:

Satu Keluarga Terpapar COVID-19, 90 KK Sekampung Jalani Karantina Wilayah

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH