Pemprov DKI Pastikan Stok Pangan di Jakarta Aman Selama PSBB

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Kamis, 09 April 2020
Pemprov DKI Pastikan Stok Pangan di Jakarta Aman Selama PSBB
Ilustrasi - Pedagang bahan kebutuhan pokok di salah satu pasar rakyat. (ANTARA/Vicki Febrianto)

Merahputih.com - Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta menjamin pasokan bahan pokok bagi warga selama penetapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di ibu kota Aman.

Masyarakat diminta tak mengkhawatirkan persediaan pasokan kebutuhan makanan sebab selama PSBB. Sebab pendistribusian logistik dari luar daerah tak dibatasi.

"Warga Jakarta tidak perlu kuatir. Distribusi pangan dari luar Jakarta dan di dalam wilayah DKI Jakarta dijamin oleh Pemerintah dan selama PSBB diberlakukan urusan pangan tidak ada pembatasan dalam proses pengadaan dan distribusinya," ujar Kepala Dinas KPKP DKI, Darjamuni saat dikonfirmasi Kamis (9/4).

Baca Juga:

MPR Anggap Pelarangan Masuknya WNA Efektif Putus Mata Rantai Corona

Darjamuni juga mengaku, sudah berkoordinasi dengan berbagai distributor untuk memastikan pasokan pangan di Jakarta selama diberlakukan PSBB di Jakarta. "Pemprov melalui BUMD, Bulog, dan para pelaku usaha pangan telah berkolaborasi untuk mendukung kecukupan pangan bagi warga Jakarta," ungkap dia.

Ketersedian beras ini bisa mencukupi kebutuhan warga hungga Idul Fitri nanti. "Cukup untuk 5 bulan kedepan," ucapnya.

Harga cabai menjadi perhatian Pemprov DKI jelang Natal. (ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus)
Harga cabai menjadi perhatian Pemprov DKI jelang Natal. (ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus)

Sementara, pasokan beras yang masuk di Jakarta melalui Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) dan PT. Food Station Djipinang Jaya setiap hari kurang lebih 3.000 ton. Stok Beras yang ada saat ini di Bulog, PT. Food Station Tjipinang Jaya, dan Pasar Induk Beras Cipinang hingga hari ini mencapai 254.891 ton.

Kemudian ketersedian gula pasir saat ini mencapai 5.733 ton, jumlah ini belum terhitung dengan jumlah yang stok para distributor. "Kalau ditambah dengan stok gula yang ada di distributor maka Gula Pasir di Jakarta hingga Idul Fitri 2020 dijamin aman," jelasnya.

Baca Juga:

Elon Musk Sebut Kecelakaan Mobil Lebih Berbahaya Dibanding Virus Corona

Lalu kebutuhan daging Sapi saat ini tersedia sebanyak 9.808 ton, begitu juga dengan ketersedian kebutuhan pangan lain seperti minyak goreng, telur, bawang merah,cabai, sayur. "Dan buah-buah persediaannya juga sudah sangat memadai," tutup Darjamuni. (Asp)

#Virus Corona #Pasien Corona #Penyakit Corona #Sembako #Harga Sembako
Bagikan
Bagikan