Pemprov DKI Minta Warga Potong Hewan Kurban di RPH

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 16 Juli 2020
Pemprov DKI Minta Warga Potong Hewan Kurban di RPH
Petugas dari Dinas KPKP DKI Jakarta mengecek hewan kurban di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, Jumat (10/7/2020). (ANTARA/HO/Sudin KPKP Jakarta Pusat)

MerahPutih.com - Pemprov DKI Jakarta menyarankan kepada masyarakat agar penyembelihan hewan kurban dilaksanakan di rumah potong hewan (RPH). Hal itu dilakukan untuk menghindari adanya kerumunan.

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Ahmad Riza Patria mengatakan, di masa pandemi COVID-19 ini, diharapkan kegiatan pemotongan hewan kurban yang biasanya dilaksanakan di halaman rumah, tanah kosong, masjid bisa dilaksanakan di tempat RTH.

Baca Juga:

Tak Terdampak COVID-19, Penjualan Hewan Kurban di Yogyakarta Meningkat

"Dalam rangka untuk memastikan bahwa seluruh rangkaian proses pemotongan hewan kurban dilaksanakan melalui proses yang higienis, sehat, bersih apalagi saat COVID-19," kata Riza di RPH PD Dharma Jaya, Kamis (16/7).

Menurut politikus Gerindra ini, Iduladha merupakan momentum pembuktikan bahwa warga Jakarta adalah masyarakat yang peduli dengan memberi perhatian kepada sesama.

"Kami mengajak seluruh masyarakat, seluruh instansi, badan usaha dan kita semua untuk bersama berkolaborasi. Momentum ini kita manfaatkan sebaiknya dengan cara berkurban," terangnya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza). (ANTARA/Devi Nindy)
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza). (ANTARA/Devi Nindy)

Virus corona yang menyerang Jakarta, kata Riza, mengakibatkan peningkatan kemiskinan di ibu kota.

"Karena ada COVID-19 ini banyak sekali saudara kita yang meningkat berdasarkan data peningkatan kemiskinan," tegas Riza.

Baca Juga:

DPRD Desak Pemprov DKI Carikan Solusi Pemotongan Kurban di Tengah Pandemi

Pemotongan hewan kurban di RPH itu juga sempat diutaran oleh Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz. Ia menyarankan agar pembagian daging kurban disalurkan ke rumah masing-masing warga. Hal itu dimaksudkan agar tidak adanya kerumunan di tempat pemotongan.

Politikus PKS ini mengatakan, pembagian daging hewan kurban dilangsungkan di waktu-waktu tertentu hingga tidak terjadi penumpukan.

"Bisa disiasati pakai kupon lalu diantar ke rumah satu per satu. Ini salah satu alternatif solusinya,” tutupnya. (Asp)

Baca Juga:

Fatwa MUI Soal Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban

#Hewan Kurban #Ahmad Riza Patria
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan