Pemprov DKI Manfaatkan Burung Kaki Bayam Rawat Lapangan Latih JIS

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Senin, 28 Desember 2020
Pemprov DKI Manfaatkan Burung Kaki Bayam Rawat Lapangan Latih JIS
Sejumlah Burung Kaki Bayam yang berfungsi untuk merawat rumput berada di lapangan latih JIS, Jakarta, Senin (28/12). (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Merahputih.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan baru saja meresmikan stadion Jakarta Internasional Stadium (JIS), di wilayah Jakarta Utara. Lapangan ini nanti difungsikan sebagai tempat latih dan pertandingan.

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) bakal memanfaatkan Burung Kaki Bayam (Himantopus Leuchocepalus) untuk merawat rumput alami yang ditanam di Lapangan Latih JIS agar bebas dari penggunaan pestisida.

Baca Juga:

'Bepe' Hibahkan Jersey Persija ke Museum Titik Nol Pasoepati Solo

"Untuk mematikan hamanya, kalau di lapangan bola itu kan ada rumput liar. Itu dimakan oleh burung itu," jelas Direktur Utama PT Jakarta Propertindo, Dwi Wahyu Daryoto, Senin (28/12).

Ada sekitar lima sampai 10 ekor burung kaki bayam yang dipelihara di kawasan JIS untuk memastikan rumput-rumput di Lapangan Latih terbebas dari hama seperti ulat dan serangga.

Lapangan latih JIS dengan rumput hybrid kombinasi antara lima persen rumput sintetis dan 95 persen rumput natural. (ANTARA/Fauzi Lamboka)
Lapangan latih JIS dengan rumput hybrid kombinasi antara lima persen rumput sintetis dan 95 persen rumput natural. (ANTARA/Fauzi Lamboka)

Burung-burung itu dilepaskan di lahan seluas 11,22 kilometer persegi di pagi dan malam hari selama empat jam untuk melakukan tugasnya memburu ulat dan serangga.

"Burung-burung ini kita pelihara. Ada kandangnya, ada pawangnya yang jagain. Kita pelihara," jelas Dwi.

Baca Juga

Pesan Anies Baswedan di HUT ke-92 Persija Jakarta

Lapangan latih JIS sendiri mempunyai panjang 165 meter dengan lebar 68 meter sesuai dengan standar FIFA. Untuk Kualitas rumput senduru setara dengan field of play (FOP) lapangan utama Resistance dengan durability 2 hingga 3 kali lebih kuat.

Sementara, kapasitas penonton tribun stadion sebanyak 6000 orang. Fasilitas lapangan setara dengan stadion kelas dunia. "Dapat menggelar pertandingan resmi tim junior (Timnas dan club)," ungkap Dwi. (Asp)

#Jakarta International Stadion (JIS) #Burung #Stadion BMW #Stadion Persija #Persija
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan