Pemprov DKI Lanjutkan Pembangunan Tanggul Pantai Atasi Banjir Rob

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 07 Desember 2021
Pemprov DKI Lanjutkan Pembangunan Tanggul Pantai Atasi Banjir Rob
Warga beraktivitas di dekat tanggul laut yang telah selesai dibangun di Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta, Senin (11/2/2019). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/pras.

MerahPutih.com - Sejumlah wilayah utara Jakarta terendam air laut atau rob. BMKG juga sempat memberikan peringatan terkait banjir pesisir ibu kota yang diperkirakan terjadi pada 2-9 Desember 2021.

"Banjir rob alhamdulillah sudah surut, upayanya tidak lain adalah pembangunan tanggul," kata Wakil Gubernur (Wagub) DKI Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta Pusat, Selasa (7/12).

Untuk mengatasi banjir rob ini, kata Riza, pembangunan tanggul pantai National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) di sepanjang pesisir Jakarta akan dilanjutkan kembali.

Baca Juga:

Langkah Pemkot Jakut Antisipasi Banjir Rob Wilayah Pesisir Jakarta

Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta ini pun mengakui, pembuatan tanggul pantai ini tak mudah lantaran memerlukan waktu dan biaya yang besar.

"Ini terus dikerjakan dan memang ini memerlukan waktu dan biaya tidak sedikit. Prinsipnya, kami terus upayakan pembangunan tanggul yang ada di kawasan utara," ucapnya.

Di lokasi yang berbeda, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Yusmada Faizal mengatakan, proses pembangunan tanggul NCICD akan terus diupayakan secara berkelanjutan dengan kolaborasi bersama berbagai pihak, terutama para stakeholder yang aktivitasnya bersinggungan langsung dengan trace tanggul NCICD.

"Dinas SDA akan mendorong dan mengupayakan agar para stakeholder yang berada di area pesisir Jakarta juga dapat turut membantu dalam proses pembangunan tanggul," tuturnya.

Baca Juga:

BMKG Minta Warga Pesisir Jakarta Waspada pada 2-9 Desember

Yusmada menambahkan, NCICD merupakan proyek strategis nasional untuk membangun tanggul pantai di sepanjang garis pantai Jakarta.

"Selain untuk menanggulangi banjir rob, pembangunan tanggul NCICD dilakukan sebagai upaya pengamanan dan penataan kawasan pesisir utara Jakarta serta perbaikan lingkungan," kata dia.

Selain melanjutkan pembangunan tanggul NCID, Pemprov DKI juga berencana membangun 2 sistem polder pesisir, yaitu polder Kamal dan Marunda yang terdiri dari pintu air, pompa, dan waduk.

Polder tersebut nantinya akan terintegrasi dengan tanggul NCICD yang saat ini masih berproses. (Asp)

Baca Juga:

BMKG Peringatkan Banjir Rob di Pesisir Utara Jawa pada 18 - 25 November

#Banjir Rob #Banjir Jakarta #Ahmad Riza Patria
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan