Pemprov DKI Kerahkan 7000 Personel Kebersihan Kawal Malam Tahun Baru Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih. (MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengerahkan 7.000 personel satuan tugas kebersihan pada malam pergantian tahun 2019-2020.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih mengatakan pihaknya menargetkan di hari pertama 2020 pada Rabu (1/1) seluruh wilayah Jakarta sudah bersih dari sisa-sisa perayaan.

Baca Juga:

Ajakan Tawuran di Malam Tahun Baru Gencar Diserukan Lewat Media Sosial

"Kami mengerahkan 7.000 petugas kebersihan. Petugas ini terdiri dari supir truk sampah, crew, dan regu comot. Kami juga mengerahkan petugas tambahan dari UPK Badan Air untuk membantu di darat dan berkerjasama dengan PPSU kelurahan di wilayahnya masing-masing," papar Andono melalui keterangan tertulisnya, Minggu (29/12).

Ribuan petugas itu akan memulai kegiatan pembersihan secara serentak sejak pukul 00.30 WIB dan ditargetkan sebelum pukul 06.00 WIB seluruh sampah sudah ditangani.

Petugas Kebersihan DKI bersiaga selama malam tahun baru
Pasukan Oranye. ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

Andono menuturkan, petugas telah disiagakan sejak Selasa (31/12) sore melalui gelaran apel konsinyering yang dihadiri oleh seluruh petugas Suku Dinas Lingkungan Hidup wilayah.

"Ketika acara pergantian tahun selesai, petugas akan langsung bergerak menyisir lokasi," ungkap Andono.

Untuk mempermudah kegiatan penanganan kebersihan, Andono mengharapkan begitu usai acara puncak pergantian tahun, pedagang kaki lima langsung merapikan dagangannya dan pengunjung yang memarkir kendaraannya di jalan dan kantong-kantong parkir sementara segera meninggalkan lokasi.

"Hal ini yang biasanya menghambat petugas dalam pembersihan. Kita telah berkordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk menertibkan parkir liar dan dengan Satpol PP dan Dinas KUKM dan Perdagangan untuk menertibkan PKL," kata Andono.

Andono menambahkan, seluruh Suku Dinas dan Satuan Kerja Lingkungan Hidup Kecamatan telah diinstruksikan untuk mengantisipasi penanganan kebersihan di setiap lokasi pergantian tahun di wilayahnya masing-masing.

"Tidak hanya di tempat-tempat acara utama Ibukota, setiap kampung di Jakarta juga biasanya menggelar perayaan, baik acara hiburan, istigosah, zikir akbar ataupun doa bersama. Semuanya harus diantisipasi penanganan kebersihannya," paparnya.

Baca Juga:

Di Malam Tahun Baru, KRL Beroperasi hingga Pukul Tiga Pagi

Pengawas kebersihan juga akan melakukan patroli di seluruh wilayah Jakarta menggunakan armada pick up double cabin dan motor trail. Mereka akan memastikan penanganan kebersihan berlangsung dengan baik.

Untuk sarana penanganan kebersihan, Dinas Lingkungan Hidup mengerahkan kendaraan angkut sampah jenis compactor 150 unit, 25 truk sampah anorganik, mobil penyapu jalan otomatis atau road sweeper 50 unit, pickup lintas 42 unit, bus toilet 25 unit berserta truk tanki air bersih dan air kotor, serta menyebar ribuan tempat sampah beroda di lokasi-lokasi keramaian malam tahun baru.(Asp)

Baca Juga:

Puluhan Ribu Aparat Amankan Malam Tahun Baru di Jakarta

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH