Pemprov DKI Janjikan Dana Hibah Bangun 3 Situ Depok Rp38 Miliar Air bersih adalah hak setiap orang. (Foto: Pexels/Pixabay)

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengusulkan anggaran dana hibah sebesar Rp38 miliar kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk pembangunan tiga situ yakni Situ Plagen, Situ Rawa Besar, Situ Sawangan.

Kepala Biro Tata Pemerintahan DKI Jakarta Premi Lestari mengatakan selain sebagai cadangan air tanah, situ tersebut bisa mengurangi debit air ke Jakarta ketika musim hujan tiba. Premi berharap pengajuan untuk revitalisasi tiga situ tersebut dapat disetujui Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta.

"Kita kasih situ-situ karena untuk pengendalian banjir serta cadangan air tanah dan baku karena aliran ini masuk ke sungai-sungai DKI. jadi kita perlu untuk membantu Pemkot Depok di situ," ujar Premi Saat dihubungi wartawan, Jumat (9/11).

bendungan
Aliran Sungai Ciliwung yang melintasi kawasan Bogor, Depok hingga Jakarta. (ANT)

Menurut Premi, anggaran dana tersebut baru merupakan usulan yang nantinya akan diputuskan dalam rapat Badan Anggaran (Banggar) di dewan legislatif DKI Jakarta. Di samping itu, Pemkot Depok mengusulkan untuk membeli amphibi backhoe yang berfungsi mengeruk perairan serta memperbaiki dan mengeruk Jalan Gas Alam.

"Alat berat amphibi karena itu untuk penanggulangan banjir serta sarana penunjang alat beratnya itu. Itu Depok," tandas pejabat Pemprov DKI itu. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH