Ramadan 2018

Pemprov DKI Jakarta Pastikan Layanan Publik Tetap Optimal Selama Bulan Ramadan

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 17 Mei 2018
Pemprov DKI Jakarta Pastikan Layanan Publik Tetap Optimal Selama Bulan Ramadan
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta Edy Junaedi (Foto: pemprovdkijakarta.go.id)

MerahPutih.Com - Memasuki bulan Ramadan, pemerintah provinsi DKI Jakarta memastikan pelayanan publik tetap berjalan sebagaimana mestinya. Salah satu pelayanan publik yang mendapat perhatian khusus yakni perizinan dan nonperizinan untuk investasi.

Pelayanan untuk investasi tetap optimal meski dengan adanya pemberlakuan perubahan jam kerja PNS di lingkungan pemprov DKI Jakarta.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta Edy Junaedi dalam siaran pers menyatakan jam pelayanan yaitu Senin-Kamis mulai pukul 07.00-14.00 WIB dan Jumat pukul 07.00-14.30 WIB.

Kantor PTSP Jakarta
Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pemprov DKI. Foto: Infonawacita

"Jam perubahan pelayanan selama Ramadan ini telah kami sesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku demi memberikan kesempatan bagi seluruh pegawai yang beragama Islam untuk melaksanakan kewajiban ibadah puasa dan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat," kata Edy di Jakarta, Rabu (16/5) kemarin.

Perubahan waktu pelayanan selama Ramadan dilakukan sebagaimana ketentuan yang tertuang dalam Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 801 Tahun 2018 tentang Pengaturan Jam Kerja selama Bulan Suci Ramadhan tahun 2018 M/1439 H dan sudah diumumkan kepada seluruh service point atau Unit Pelaksana (UP) PTSP tingkat Kota Administrasi, Kabupaten Administrasi, Kecamatan dan Kelurahan melalui Surat Edaran Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta Nomor 19/SE/ 2018 tentang Jam Pelayanan selama Bulan Ramadhan tahun 2018 M/ 1439 H pada Lingkungan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta.

"Oleh sebab itu kami sudah mengimbau seluruh kepala UP PTSP di wilayah DKI Jakarta agar menginformasikan jam pelayanan dimaksud kepada staf dan jajarannya," imbuhnya.

Kendati terjadi perubahan jam kerja, Edy sebagaimana dilansir Antara memastikan bahwa kegiatan pelayanan perizinan dan nonperizinan kepada masyarakat akan tetap berjalan efektif dan tidak akan mengurangi kinerja para petugas PTSP.

Salah satu kantor pelayanan publik
Salah satu kantor layanan publik di Jakarta Barat (MP/Asropih)

Waktu kerja tersebut akan dipergunakan seluruhnya untuk melayani masyarakat tanpa terkecuali.

"Pada bulan Ramadan ini kami mengimbau pelayanan di Front Office tidak boleh kosong. Petugas diminta untuk istirahat secara bergantian dan melayani pemohon yang sudah memiliki nomor antrian sampai tuntas setiap harinya walaupun melebihi waktu jam kerja," katanya.

Lebih lanjut Edy menambahkan tren pelayanan perizinan dan nonperizinan saat ini di Jakarta sudah semakin mudah dengan memanfaatkan inovasi layanan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, seperti layanan perizinan online melalui situs pelayanan.jakarta.go.id dan layanan Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB) yang memungkinkan petugas menjemput berkas permohonan dan mengantarkan output izin/non izin ke rumah atau kantor pemohon.

DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta juga kembali hadir dalam kegiatan tahunan Jakarta Fair Kemayoran 2018 pada 23 Mei- 1 Juli mendatang.

"Kami membuka gerai layanan perizinan dan non perizinan di anjungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Hall C-1, warga Jakarta bisa melakukan konsultasi dan jika sudah membawa persyaratan lengkap dapat langsung mengajukan permohonan perizinan dan non perizinan sampai pukul 22.00 dan bahkan di hari libur Lebaran booth kami tetap buka untuk melayani warga Jakarta," katanya.

Diharapkan aktivitas pelayanan perizinan dan non perizinan tetap berjalan optimal selama Ramadan sehingga memberikan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Ingin Cepat Urus e-KTP di Jakarta, Begini Langkah-Langkahnya

#Pelayanan Publik #Pemprov DKI #PTSP
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan