Pemprov DKI Distribusikan 5 Ribu Ton Beras kepada 25.137 Keluarga

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 29 Juli 2021
Pemprov DKI Distribusikan 5 Ribu Ton Beras kepada 25.137 Keluarga
Pekerja mengemas beras di Gudang Bulog Sub divre Ciamis, Sindangrasa, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (30/9). ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

MerahPutih.com - Pemprov DKI Jakarta mulai mendistribusikan Bantuan Sosial Non Tunai (BSNT) berupa beras premium ke seluruh wilayah DKI Jakarta untuk warga terdampak COVID-19.

Ada sebanyak 5 ribu ton beras yang didistribusikan untuk 24 RW hari ini, dengan jumlah kepala keluarga (KK) sebanyak 25.137.

Baca Juga

Besok, Pemprov DKI Salurkan Bansos Non Tunai Berupa Beras

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjelaskan, pendistribusian 10 kilogram beras premium untuk masing-masing penerima ini merupakan bagian dari bantuan sosial masyarakat di Jakarta, dengan total penerima sebanyak 1.007.379 keluarga penerima manfaat

Sebelumnya, Pemerintah DKI pada Senin (19/7) juga telah mendistribusikan bantuan sosial tunai (BST) sebesar Rp 600 ribu per KK untuk bulan Mei dan Juni yang dirapel Juli.

“Mulai hari ini mereka menerima berbentuk beras senilai 10 kg per kepala keluarga yang diterima oleh KK tersebut. Kita berharap dengan kita berikan bantuan maka keluarga-keluarga di Jakarta khususnya yang sosio ekonomi rendah akan bisa terbantu di masa sulit seperti sekarang,” ujar Anies.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau kegiatan vaksinasi di SDN 05 Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Selasa (27/07/2021). ANTARA/Mentari Dwi Gayati
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau kegiatan vaksinasi di SDN 05 Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Selasa (27/07/2021). ANTARA/Mentari Dwi Gayati

Lebih lanjut, Anies memaparkan, beras yang dibagikan ini adalah beras yang berasal dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Indramayu, Karawang, Lampung, Ngawi, Sumedang dan Garut. Hal ini merupakan bentuk dari kerja sama antar daerah yang sudah lama dirintis oleh Pemprov DKI Jakarta melalui Food Station Tjipinang Jaya.

"Jadi ini di satu sisi membantu keluarga yang terdampak di ibu kota, di sisi lain kita bekerja sama langsung dengan gapoktan di berbagai daerah dan membantu menggerakkan perekonomian petani daerah,” papar Anies

Selain itu mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini juga menggarisbawahi, beras yang nantinya didistribusikan adalah beras produksi Food Station Tjipinang Jaya dengan kualitas yang baik. Sehingga warga menerima beras yang baik untuk dikosumsi.

Kualitas beras baik juga ditegaskan Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya, Pamrihadi Wiraryo. Menurutnya, beras bansos yang disalurkan merupakan beras dengan kualitas premium dengan merk Sentra Ramos, Tjap Bunga, dan Ojolali.

“Kualitas ada dua, premium dan medium, untuk bansos ini food station untuk produksi beras yang premium yang kadar patahannya kurang dari 15 persen dan kadar air hanya 14 persen untuk memastikan penerima manfaat mendapatkan haknya sesuai dengan ketentuan,” tutup Pamrihadi. (Asp)

Baca Juga

Menteri Risma Percepat Penyaluran Bansos Tunai dan Beras

#Bantuan Sosial #Bantuan Nontunai #Pemprov DKI
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan