Pemprov DKI Beli Robot Pemadam Kebakaran Rp37,4 M, Ini Manfaatnya Robot pemadam kebakaran Dok-ing MVF-U3 asal Kroasia. Foto Instagram humasjakfire

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kini telah memiliki satu unit robot pemadam kebakaran yang didatangkan dari negara Kroasia seharga Rp37,4 miliar.

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Satriadi Gunawan menjelaskan pengadaan robot tersebut diproyeksikan untuk menangani kebakaran yang ada di terowongan kereta Moda Raya Terpadu (MRT) dan Lintas Rel Terpadu (LRT).

Baca Juga

Negara Bagian Terpadat di Australia Nyatakan Darurat Kebakaran Hutan

Sebab, kata Satriadi, apabila terjadi kebakaran di dalam transportasi kekinian itu pemadam kebakaran kesulitan untuk masuk bila dengan armada biasanya.

"Iya, satu unit. Itu kan antisipasi untuk LRT, MRT. Kalau itu (robot) bisa masuk terowongan, bisa dioperasikan dari jarak jauh untuk keamanam anggota," kata Satriadi di Jakarta Kamis (13/2).

Satriadi menuturkan, bahwa saat ini pihaknya masih melakukan pelatihan personal dan berbagi pengetahuan tentang alat yang baru didatangkan pada 2019 itu.

"Kan harus ada beberapa tim. Mesinnya, mekaniknya, operatornya, terus semuanya itu kan dilatih dari Kroasia. Dia harus meyakinkan bahwa barangnya itu benar-benar matang, nanti akan repot dia kalau seandainya operasionalnya tidak benar, makanya dia meyakinkan banget bahwa kami harus mampu dan sanggup," papar dia

Baca Juga

Kebakaran Tempat Karaoke di Jatinegara, Puluhan Petugas Damkar Diterjunkan

Selain diperuntukan untuk MRT dan LRT, lanjut Satriadi, robot itu punya fungsi lain seperti bisa dimanfaatkan untuk menangani kebakaran di kawasan yang mengandum bahan kimia seperti SPBU.

"Kan itu banyak terjadi di luar negeri. Yang berisiko seperti itu, kami menggunakan itu," tutupnya (Asp).

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH