Pemprov DKI Beberkan Penyebab Penghuni DP 0 Rupiah Klapa Village Rendah Pekerja menyelesaikan pembangunan rumah susun hunian DP 0 Rupiah di Klapa Village, Jakarta, Selasa (25/6)./ Antara Foto

MerahPutih.com - Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perumahan DKI Jakarta menjelaskan penyebab belum terisinya hunian Rumah DP 0 Persen di Klapa Village, Jakarta Timur yang saat ini baru ditempati sekitar 100 unit dari 780 unit.

Faktor hunian rendah rumah tanpa DP itu karena Pemprov DKI menetapkan regulasi yang sangat ketat dalam menyaring calon penghuni. Ada beberapa persyaratan dari Bank DKI yang mesti dipenuhi calon penghuni.

Baca Juga:

DPRD Desak Hunian DP 0 Persen Pemprov DK di Cilangkap Rampung Lebih Cepat

Kepala Dinas Perumahan DKI Jakarta Kelik Indriyanto mengatakan, jika syarat itu tidak terpenuhi, maka calon penghuni tidak berhak mengambil rumah DP 0 pesen itu.

Gubernur DKI Anies Baswedan saat groundbreaking rumah DP 0 rupiah (MP/Asropih)
Gubernur DKI Anies Baswedan saat groundbreaking rumah DP 0 rupiah (Foto: MP/Asropih)

"Betul sangat banyak peminatnya, tapi juga kebanyakan tidak memenuhi syarat," ujar Kelik saat dikonfirmasi Sabtu (14/12).

Adapun syarat yang dianggap membebankan para calon penghuni terletak pada kemampuan membayar kredit. Sehingga unit Klapa Village saat ini baru ditempati sekitar 100 unit.

Baca Juga:

Anies Groundbreaking Hunian DP 0 Rupiah di Cilangkap

"Para calon penghuni juga masih ada yang memiliki cicilan seperti kendaraan dan yang lainnya, sehingga membuat pihak bank tidak memasukan mereka," ujarnya.

Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan hunian DP nol rupiah di Rusunami Klapa Village, Jakarta Timur, Senin (29/7) (ANTARA FOTO/Adnan Nanda)
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan hunian DP nol rupiah di Rusunami Klapa Village, Jakarta Timur, Senin (29/7) (ANTARA FOTO/Adnan Nanda)

Kelik menjelaskan, bagi para calon pemilik yang ditolak karena masih memiliki cicilan lain. Untuk itu Pemprov DKI menyarankan mereka agar bergabung ke dalam rumah susun sewa (rusunawa).

"Opsi lain jika terganjal dengan cicilan bulanan maka silakan pindah ke rusunawa," tutupnya. (Asp)

Baca Juga:

Anggaran Formula E, Rumah DP 0 Persen dan TGUPP Disorot Fraksi DPRD DKI, Begini Tanggapan Anies


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH