Pemprov DKI Akan Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Kamis, 14 Desember 2017
Pemprov DKI Akan Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah
Sandiaga Uno. (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno usai menggelar pertemuan dengan Duta Besar (Dubes) Finlandia, Mada Raider di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (14/12) siang. Pertemuan itu bertujuan untuk menangani persoalan sampah di Ibu Kota Jakarta.

Sandi sapaan akrabnya mengaku, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana membangun Pebangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) yang sudah lama diterapkan di negara Finlandia.

"Kita ingin mengkonversi sampah jadi berkah, mengkonversi sampah yang selama ini merepotkan kita, menjadi solusi energi dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa)," ujar Sandi.

Menurut Sandi, proyek tersebut akan dibangun oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro) bekerja sama dengan perusahaan listrik milik pemerintah Finlandia, Fortum Power and Heat Oy, dengan skema build, Operate, and Transfer (BOT).

"Ini yang akan dikerjakan bersama-sama dengan Jakpro dan tentunya dikawal oleh Pak Kepala Dinas Lingkungan Hidup," jelas Sandi.

Lebih lanjut, Sandi menuturkan, aturan hukum terkait pembangunan PLTSa pun telah dikantongi Pemprov melalui Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 50 tahun 2016 tentang Pembangunan dan Pengoprasian Pengelolaan Sampah Dalam Kota.

Menurut mantan Ketua HIPMI itu, pembangkit listrik tenaga sampah ini akan mengolah 2.000-2.200 ton sampah per hari di Jakarta.

"Dengan PLTSa ini bisa mengurangi antara 2000 sampai 2200 ton per hari dan ini adalah kurang lebih seperempat daripada jumlah atau lebih dari 25 persen daripada jumlah sampah yang dihasilkan," tandasnya. (Asp)

#Sandiaga Uno #Pemprov DKI
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan