Pemprov DIY akan Gelar Rapid Test ke 20.400 Warga Petugas mempersiapkan pengiriman APD dan alat rapid test. Foto: MP/Teresa Ika

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DIY terus berupaya menekan penyebaran wabah COVID-19. Dalam waktu dekat Pemda akan melakukan Rapid Test Corona.

Wakil Ketua Gugus Tugas COVID-19 Biwara Yuswantana menjelaskan rapid test tahap awal akan dilakukan pada tenaga medis yang pernah kontak dengan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Corona.

Baca Juga

Pernah Kontak dengan Pasien Positif COVID-19, Achmad Purnomo Jalani Isolasi Mandiri

"Diprioritaskan untuk tenaga kesehatan serta kerabat dan warga yang secara intens melakukan kontak dengan PDP," ujar Biwara di Yogyakarta, Senun (30/3)

Pemda telah mendapat tambahan 14.400 RDT (Rapid Diagnose Test) test kit dari pemerintah pusat. Sebelumnya Pemda DIY sudah mendapatkan 6 ribu RDT.

Wakil Ketua Gugus Tugas Convid-19 Biwara Yuswantana
Wakil Ketua Gugus Tugas Convid-19 Biwara Yuswantana. Foto: MP/Teresa Ika

Biwara melanjutkan pelaksanaan rapid test akan dilakukan dalam Minggu ini. Namun hasil rapid test belum menjadi hasil akhir patokan penentu seseorang apakah positif terjangkit Corona. Pemeriksaan rapid test dilakukan menggunakan sampel darah.

Hasil rapid test dapat memperlihatkan apakah seseorang positif terinfeksi virus. Jika positif, orang tersebut perlu menjalani test SWAB tenggorokan untuk memastikan jenis virus yang menempel apakah Corona atau tidak.

"Intinya rapid test ini hanyalah awal pemeriksaan. Kalau hasilnya positif, belum tentu dia positif corona. Harus lanjut test SWAB Tenggorokan lagi. Hasil Swab itu yang jadi patokan kita," jelasnya.

Baca Juga

Saran Rizal Ramli ke Jokowi Atasi COVID-19: Jangan Gengsi

Selain RDT pemda DIY juga mendapatkan tambahan 4000 APD. Tambahan APD ini APD ini akan disebar ke rumah sakit rujukan penanganan Corona. Stok APD masih mencukupi hingga akhir minggu. Namun stok beberapa sarana medis mulai menipis diantaranya sarung tangan panjang dan masker N95. (*)

Berita ini merupakan laporan Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya

Kredit : patricia

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH