Pemprov Bantah Larangan Kendaraan Usia di Atas Tiga Tahun Masuk Jakarta

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Minggu, 05 November 2023
Pemprov Bantah Larangan Kendaraan Usia di Atas Tiga Tahun Masuk Jakarta
Uji emisi di Jalan Joglo Raya, Joglo, Kembangan, Jakarta Barat dalam rangka mengurangi polusi udara, Kamis (2/10/2023). ANTARA/Risky Syukur

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terus berkoordinasi untuk memformulasikan sanksi tilang bagi kendaraan yang belum atau tidak lolos uji emisi di Jakarta.

Tilang uji emisi sempat kembali diberlakukan pada 1 November lalu. Namun, sehari kemudian penerapan sanksi tilang denda berupa Rp250 ribu sampai Rp500 ribu dihentikan.

Baca Juga:

Polisi dan Pemprov DKI Lanjutkan Razia Uji Emisi, Sanksi Wajib Servis Kendaraan

Kini, beredar isu di masyarakat kendaraan berusia tiga tahun ke atas dilarang masuk ke Jakarta. Isu ini berkembang di tengah adanya penindakan uji emisi.

Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian Pencemaran Udara Pemprov DKI Jakarta pun segera memberikan klarifikasinya. Mereka menegaskan, tidak ada larangan bagi kendaraan yang berusia di atas tiga tahun memasuki wilayah Ibu Kota.

"Sampai sekarang tidak ada regulasi yang melarang kendaraan di atas umur tiga tahun yang masuk ke Jakarta," ujar Juru Bicara Satgas Pengendalian Pencemaran Udara Pemprov DKI Jakarta, Ani Ruspitawati.

Ani menjelaskan, saat ini yang menjadi fokus utama adalah memastikan kendaraan roda empat ataupun roda dua yang masuk ke Jakarta memenuhi standar baku mutu gas buang. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga polusi udara.

"Jadi fokusnya adalah bahwa setiap kendaraan harus memenuhi baku mutu untuk gas buang," ucapnya.

Dengan begitu, lanjut Ani, razia kendaraan yang belum ataupun tak lolos uji emisi tetap bergulir. Namun, dia menyebut saat ini tidak diberlakukan sanksi tidang.

Nantinya, kendaraan yang terjaring razia akan dihentikan secara acak dan apabila ditemukan kendaraan yang belum melakukan uji emisi, mereka diarahkan untuk melaksanakan pengujian emisi.

"Kami tetap akan melanjutkan proses uji emisinya dan juga untuk razia uji emisi akan tetap dilanjutkan sampai akhir tahun ini," katanya. (Knu)

Baca Juga:

Heru Budi Minta Masyarakat Tetap Lakukan Uji Emisi, Meski Tilang Dihentikan

#E-Tilang #Polusi Udara #Dampak El Nino
Bagikan
Bagikan