Pemotor Masuk Jalur Sepeda Terancam Denda Rp500 Ribu

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 10 Maret 2021
Pemotor Masuk Jalur Sepeda Terancam Denda Rp500 Ribu
Pesepeda melintasi jalur sepeda di Jalan MH. Thamrin, Jakarta, Minggu (19/7/2020). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.)

MerahPutih.com - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta belum menerapkan sanksi kepada pemotor yang masuk ke lintasan sepeda permanen di Jalan Sudirman-Senayan.

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, sanksi tersebut mulai berlaku apabila jalur sepeda permanen sudah rampung pengerjaannya. Target pembangunan lintasan sepeda itu selesai pada akhir Maret tahun ini.

"Untuk saat ini (peraturan belum diterapkan) karena masih dalam tahap pembangunan, tentu (akan diterapkan) setelah seluruh rambu-rambu lalu lintas terpasang dengan baik," kata Syafrin di Jakarta.

Baca Juga:

Rombongan Sepeda Berkendara di Tengah Jalan Sudirman, Ini Kata Polisi

Maka dari itu, menurut Syafrin, pihaknya lebih memilih untuk mengedepankan sosialisasi secara masif kepada para pengendara motor. Selain itu, mengoptimalkan jalur dengan tujuan membangun animo masyarakat untuk menjadikan sepeda sebagai alat transportasi.

"Nah ini tentu harus difasilitasi agar para pesepeda itu terpenuhi aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan," jelas dia.

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo. (Foto: MP/Asropih)
Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo. (Foto: MP/Asropih)

Lebih lanjut, kata Syafrin, pihaknya akan mengatur denda maksimal Rp500 ribu bagi kendaraan bermotor yang melintas di jalur sepeda permanen.

Aturan sanksi atau denda tersebut tertuang di dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009.

Baca Juga:

Pengendara Motor Diminta tak Serobot Jalur Khusus Pesepeda

Anak buah Anies Baswedan ini mengaku, Dishub DKI akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian terkait penindakan pemotor yang masuk jalur pesepeda.

"Di situ ada pelanggaran rambu lalu lintas di sana diatur denda maksimum Rp500.000," pungkasnya. (Asp)

Baca Juga:

Alasan Polisi Belum Tindak Mobil yang Nekat Terobos Jalur Sepeda di Sudirman

#Dishub DKI Jakarta #Jalur Sepeda
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan