Pemkot Yogyakarta Targetkan 1.100 Ibu Hamil Terima Vaksin COVID-19 di Puskesmas

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 24 Agustus 2021
Pemkot Yogyakarta Targetkan 1.100 Ibu Hamil Terima Vaksin COVID-19 di Puskesmas
Vaksinasi ibu hamil di UGM. Foto: Humas UGM

MerahPutih.com - Pemerintah Kota Yogyakarta menargetkan sekitar 1.100 ibu hamil menerima vaksinasi COVID-19-19 pada bulan Agustus 2021. Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk ibu hamil di Kota Yogyakarta direncanakan digelar pekan ini melalui di puskesmas.

“Ada sekitar 2.000 ibu hamil di Kota Yogyakarta yang akan mendapat vaksinasi di puskesmas. Pada Agustus ini kami menargetkan sekitar 1.100 ibu hamil yang di vaksin,” kata Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Yogyakarta, Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Senin (23/8).

Baca Juga

Selain Vaksinasi, Ibu Hamil Terpapar COVID-19 Harus Disediakan Isolasi Terpusat

Heroe menyebut pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk ibu hamil di Kota Yogyakarta bisa juga dilakukan di luar puskesmas. Beberapa ibu hamil sudah mengikuti program vaksinasi massal yang digelar Pemerintah DIY bertempat di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Kamis (19/8).

“Bagi ibu hamil di Kota Yogyakarta yang belum divaksin, akan dilakukan melalui puskesmas. Harapannya bisa tuntas pada bulan ini,” katanya.

Heroe melanjutkan ibu hamil yang akan menjalani vaksinasi juga harus melalui proses skrining kesehatan terlebih dulu untuk memastikan seluruh syarat sebagai penerima vaksin terpenuhi.

Syarat tersebut, di antaranya usia kehamilan minimal trismester dua, tidak memiliki tekanan darah di atas 140/90 mmHg, dalam kondisi sehat dan jika memiliki komorbid maka penyakit dalam kondisi terkontrol.

Vaksinasi ibu hamil. (Foto: Antara)
Vaksinasi ibu hamil. (Foto: Antara)

Vaksin yang bisa disuntikkan untuk ibu hamil adalah Sinovac, Moderna dan Pfizer, namun tergantung persediaan yang ada di Kota Yogyakarta.

Politikus PAN ini mengatakan, pemberian vaksinasi untuk ibu hamil dilakukan sejalan dengan upaya percepatan vaksinasi di Kota Yogyakarta sehingga target terciptanya kekebalan komunal bisa segera terwujud.

Hingga saat ini, baru ada sekitar 37 persen warga Kota Yogyakarta yang menerima vaksinasi COVID-19.

Heroe berharap, pemberian vaksinasi kepada ibu hamil akan meningkatkan kondisi kesehatan ibu dan janin sehingga memiliki kekebalan yang lebih baik untuk menjalani kehamilan hingga melahirkan di masa pandemi COVID-19.

“Pemerintah daerah memiliki perhatian yang cukup besar terhadap ibu hamil agar kondisi kesehatan mereka dan janin tetap terjaga. Pemantauan kesehatan dilakukan rutin dari puskesmas selama kehamilan,” katanya. (Teresa Ika/Yogyakarta)

Baca Juga

Tenaga Kesehatan Hamil Tua Tetap Bertugas Saat Pandemi Sejatinya Jagoan Negeri Aing

#Vaksinasi #Vaksin Covid-19 #Ibu Hamil
Bagikan
Bagikan