Pemkot Yogyakarta Siapkan Shelter khusus OTG, Ini Syaratnya

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 22 September 2020
Pemkot Yogyakarta Siapkan Shelter khusus OTG, Ini Syaratnya
Petugas memeriksa penghuni shelter OTG di Kabupaten Sleman Foto: MP/Teresa Ika

MerahPutih.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta tengah menyiapkan shelter khusus untuk menampung pasien COVID-19 yang tanpa gejala (OTG). Shelter ini berlokasi di Rumah susun sewa (Rusunawa) Bener, Tegalrejo.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani mengatakan tidak semua OTG dapat ditampung di shelter ini akibat keterbatasan tempat. Sejumlah kriteria dan persyaratan harus dipenuhi warga.

Baca Juga

30 Hotel Siap Tampung Pasien Isolasi OTG COVID-19

Emma menjelaskan syarat pertama adalah shelter diperuntukkan bagi warga ber-KTP Yogyakarta. Syarat lainnya adalah memiliki surat keterangan positif Covid-19.

"Bersangkutan wajib memperoleh konfirmasi dari Puskesmas dan kecamatan tempat domisili kalau positif COVID-19 dan tidak bergejala," kata Emma di Yogyakarta, Senin (21/9).

Petugas memeriksa penghuni shelter OTG di Kabupaten Sleman Foto: MP/Teresa Ika

Kriteria berikutnya adalah pasien tidak memungkinkan melakukan isolasi mandiri dirumah karena beberapa faktor. Terakhir sebelum masuk ke dalam shelter, pasien diminta melakukan komunikasi dengan pemerintah setempat.

"Harus ada komunikasi dulu ke pemerintah desa. Tetap diseleksi. Tidak semuanya bisa langsung diarahkan ke sini," ujarnya.

Kriteria dan persyaratan ini ditetapkan pasalnya daya tampung maksimal shelter hanya untuk 84 pasien saja. Pemkot turut menyiapkan beberapa tenaga kesehatan, ambulans, peralatan medis, logistik,dan vitamin.

Baca Juga

Komisi IX DPR Setuju Usulan JHL Group Nakes Diberi Penghargaan Pahlawan Kemanusiaan

"Nantinya seluruh pasien di shelter tetap akan diawasi kesehatannya oleh puskesmas yang merujuk mereka. Pasien juga wajib berjemur, senam dan menjaga pola makan sehat," tegas dia.

Shelter khusus OTG ini direncanakan mulai bisa dipakai paling lambat akhir minggu ini. Pemkot saat ini sedang menyelesaikan persiapan sarana dan prasarana fisik shelter. (Teresa Ika/Yogyakarta)

#COVID-19 #Yogyakarta
Bagikan
Bagikan