Pemkot Solo Tiadakan Salat Idul Fitri dan Halal Bihalal Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah memastikan tidak akan mengadalan salat Idul Fitri 1441 Hijriah di halaman Balai Kota pada Minggu (24/5). Kebijakan tersebut diambil untuk mendukung pemerintah dalam memutus rantai penyebaran virus COVID-19.

Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo, mengungkapkan pada Lebaran sebelumnya Pemkot Solo selalu mengadakan salat Idul Fitri di halaman Balai Kota Solo. Namun, untuk Lebaran tahun ini Salat Idul Fitri ditiadakan.

Baca Juga

77 ASN dan Pensiunan Terima Bansos dari Kemensos Rp600 Ribu

"Salat Idul Fitri pada Lebaran tahun ini dilaksanakan di rumah masing-masing bersama keluarga sesuai imbauan Kemenag (Kementerian Agama) dan MUI (Majelis Ulama Indonesia)," kata dia.

Pemkot Solo, lanjut dia, telah mengeluarkan surat edaran (SE) Nomor: 451.11/948 tentang Pelaksanaan Ibadah Shalat Idul Fitri 1441 H dalam Situasi Darurat COVID-19. Melalui SE tersebut masyarakat diimbau untuk dapat melaksanakan salat Idul Fitri di rumahnya masing-masing dengan keluarga inti.

Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo (kanan) bersama Gibran Rakabuming Raka menyerahkan bantuan APD di Mapolresta Surakarta, Jawa Tengah. (MP/Ismail)
Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo (kanan) bersama Gibran Rakabuming Raka menyerahkan bantuan APD di Mapolresta Surakarta, Jawa Tengah. (MP/Ismail)

Ia mengatakan dalam SE tersebut juga berisi tentang peniadaan takbir keliling pada malam Hari Raya Idul Fitri dan silaturahmi atau halal bihalal ketika Hari Raya Idul Fitri dilaksanakan melalui media sosial atau video call (confrence). Pemkot juga tidak mengadakan open house dan halal bihalal.

"Open house dan halal bihalal dilakukan lewat online. Jadi nanti saya bersama Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo standby mulai 09.00 WIB sampai 12.00 WIB menerima ucapan Lebaran lewat telepon dan video call dari masyarakat dan ASN (Aparatur Sipil Negara)," pungkasnya. (*)

Baca Juga

Jamaah Al Muhdlor Tulungagung Laksanakan Salat Idul Fitri Hari Ini

Berita ini merupakan laporan Ismail Soli, kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya

=


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH