Pemkot Solo Temukan Produk Kedaluwarsa dan Kemasan Rusak saat Inspeksi Pasar

Mula AkmalMula Akmal - Jumat, 07 April 2023
Pemkot Solo Temukan Produk Kedaluwarsa dan Kemasan Rusak saat Inspeksi Pasar
Pemkot Solo melakukan inspeksi di pasar moderen, Kamis (6/4). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Sejumlah makanan kedaluwarsa dan produk kemasan rusak masih ditemukan di sejumlah pusat perbelanjaan pasar tradisional hingga toko moderen di Solo, Jawa Tengah, Kamis (5/4). Penjual yang masih menjual produk tersebut diberikan peringatan.

Kepala Bidang Penyediaan Fasilitas Kesehatan dan Kefarmasian Dinas Kesehatan Solo, Anom Yuliansyah mengatakan lokasi sasaran inspeksi Pasar Legi dan Pasar Gede, Luwes Lojiwetan dan Luwes Mojosongo. Peninjauan ini dilakukan untuk memastikan produk pangan yabg diperdagangkan aman dan layak untuk dikonsumsi masyarakat.

Baca Juga:

Pasar Menjanjikan, Indonesia Jadi Market Utama Penyedia Layanan Platform Streaming

"Kami ingin menjamin masyarakat untuk mendapatkan produk pangan yang aman dan layak konsumsi selama Ramdan dan jelang Lebaran ini," kata Anom, Kamis (6/4).

Ia mengatakan dalam inspeksi tersebut tim gabungan masih menemukan sejumlah produk kedaluwarsa hingga kemasan rusak yang masih dipajang di pasar tradisional dan toko moderen itu.

"Kami temukan sejumlah barang yang tidak layak edar seperti sudah kedaluwarsa, kemasan sobek, produk tanpa tanggal kedaluwarsa, dan produk makanan kaleng yang sudah penyok," katanya.

Atas temuan tersebut, kata dia, pihaknya masih memberikan teguran administratif, selanjutnya diarahkan untuk memusnahkan atau mengembalikan barang yang tidak layak konsumsi. Selanjutnya untuk produk dari produsen yang tidak lengkap administrasi akan dilaporkan pada BPOM pusat agar segera ditindaklanjuti.

Baca Juga:

Jokowi Akui Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Sambonggede Jatim Lebih Murah

"Kami mengimbau produsen, pedagang, dan konsumen untuk tetap teliti saat membeli produk pangan," kata Anom.

Dia mengatakan Pemkot Solo sebelumnya juga melakukan pemantauan kestabilan harga dan pasokan bahan pokok jelang lebaran. Meski ada sedikit peningkatan pada sejumlah komoditas pangan, saat ini kenaikan itu dipandang masih aman dan terjangkau oleh masyarakat.

"Harapannya jelang Lebaran pasokan dan harga kebutuhan pokok tetap stabil," imbuh dia. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Mendag Akui Terjadi Kenaikan Harga Bahan Pokok di Pasar Rakyat

#Makanan #Pemkot Solo #Lebaran
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan