Pemkot Solo Buka 407 Formasi CPNS, Ini Rinciannya Tes CPNS. Foto: Setkab.go.id

MerahPutih.com - Pemerimtah Kota (Pemkot) Solo mendapatkan 407 kuota formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Hal itu didasari dari Surat Edaran (SE) Kemenpan RB yang diterima Pemkot Solo, Rabu (6/11).

"Kami sudah mendapatkan kepastian dari Kemenpan RB terkait kuota CPNS. Besaran formasi ini lebih kecil dari yang diajukan Pemkot beberapa waktu sebelumnya, yakni sebanyak 412 formasi CPNS," ujar Kepala Badan Pendidikan Kepegawaian Pendidikan dan Daerah (BKPPD) Solo, Rachmat Sutomo kepada Merahputih.com.

Baca Juga

Lewat Online, Begini Alur Pendaftaran CPNS 2019

Sebanyak 407 formasi CPNS perinciannya, yakni Tenaga pendidikan sebanyak 147, Kesehatan Sebanyak 135, Teknis (JFT) 19, dan Teknis (Jabatan Pelaksana) 106. Nantinya, pendaftaran akan dilakukan pada 11 November 2019 nanti melalui website sccn.bkn.go.id.

Kepala Badan Pendidikan Kepegawaian Pendidikan dan Daerah (BKPPD) Solo, Rachmat Sutomo, Rabu (6/11). (MP/Ismail)
Kepala Badan Pendidikan Kepegawaian Pendidikan dan Daerah (BKPPD) Solo, Rachmat Sutomo, Rabu (6/11). (MP/Ismail)

"Sebelumnya kami usulkan membuka 412 formasi. Dari 412 itu, lima di antaranya merupakan formasi guru IPS (lmu pengetahuan sosial. Namun, memenpan RB mencoret 5 formasi sehingga tinggal menjadi 407 saja," papar dia.

Pendaftaran CPNS, kata dia, dilaksanakan serentak tanggal 11 November. Sementara Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berlangsung Februari 2020. Pemkot Solo menyediakan lokasi ujian di Solo Techno Park (STP).

Baca Juga

Lowongan CPNS Dibuka 11 Hari Lagi, Catat Ini Syaratnya!

"Kami segera melakukan lelang pengadaan komputer, bandwith, dan berbagai pelengkapnya untuk digunakan tes SKD CPNS 2020," kata dia.

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan Pemkot Solo menganggarkan dana senilai Rp 1,5 miliar untuk pelaksanaan seleksi CPNS tahun depan. Anggaran tersebut diusulkan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2020.

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo,  Rabu (6/11). (MP/Ismail)
Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, Rabu (6/11). (MP/Ismail)

"Rekrutmen CPNS tahun depan anggarannya dibebankan semua pada daerah. Atas dasar tersebut saya mengusulkan anggaran Rekrutmen CPNS senilai Rp1,5 miliar ke APBD 2020," kata Rudy. (*)

Baca Juga

Pemkot Solo Anggarkan Dana Rp1,5 Miliar untuk Rekrutmen CPNS

Berita ini merupakan laporan Ismail Soli, kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya.


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH