Pemkot Solo Anggarkan Dana Rp1,5 Miliar untuk Rekrutmen CPNS Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Pemerintahan Kota (Pemkot) Solo menganggarkan dana senilai Rp 1,5 miliar untuk pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Anggaran tersebut diusulkan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2020.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengungkapkan Pemkot Solo baru saja mendapatkan Surat Edaran (SE) dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB) terkait rekrutmen CPNS 2020. Dalam SE tersebut anggaran pelaksanaan seleksi CPNS dibebankan kepada pemerintah daerah, maka Pemkot Solo mengajukan anggaran di APBD.

Baca Juga:

Simak, Ini Jadwal Proses Penerimaan CPNS 2019

"Anggaran tersebut kita gunakan untuk menyewa komputer, koneksi internet, sewa kursi/meja, gedung, dan perangkat lainnya," ujar Rudy sapaan Wali Kota Solo, Senin, (7/10).

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo ungkap pihaknya sudah siapkan anggaran untuk CPNS
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo atau akrab disapa Rudy (MP/Ismail)

Rudy mengaku tidak mengetahui alasan Kemen PAN RB membebankan anggaran rekrutmen CPNS kepada pemerintah daerah. Padahal tahun sebelumnya semua biaya rekrutmen CPNS ditanggung Kemen PAN RB.

"Saya tidak keberatan dengan keputusan mengenai beban anggaran rekrutmen CPNS tersebut. Namun, keputusan tersebut dirasa tidak adil," kata dia.

Politisi PDIP ini mengaku hanya biasa pasrah soal kebijalan tersebut. Terlebih kondisi saat ini Pemkot Solo kekurangan banyak ASN akibat banyak yang pensiun.

Baca Juga:

Lowongan CPNS Dibuka Oktober 2019, Ini Bocoran Kuota dan Komposisinya

Kepala Badan Pendidikan Kepegawaian Pendidikan dan Daerah (BKPPD) Solo, Rakhmat Sutomo, menambahkan Pemkot Solo telah mengajukan 500 formasi untuk CPNS 2019. Formasi tersebut yang terdiri dari 150 CPNS dan 350 tenaga kontrak dengan perjanjian kerja (TKPK).

"Sejauh ini usulan 500 formasi untuk CPNS 2019 yang kita ajukan ke Kemen PAN RB belum ada kejelasan. Ya harapannya usulan itu disetujui," tutup Rakhmat.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Catat, Berikut Rincian Kuota dan Jabatan Lowongan CPNS 2019



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH