Pemkot Pekanbaru Akan Gelontorkan Dana Bantuan Haji Jamaah calon haji menaiki pesawat di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan. (ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang)

Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru akan menggelontorkan dana bantuan untuk perjalanan domestik Jamaah Calon Haji (JCH) sebesar Rp870 juta dalam waktu dekat.

"Anggaran untuk perjalanan domestik JCH itu sebesar Rp600.000 per jamaah," kata Pejabat Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru Alek Kurniawan di Pekanbaru, Minggu (9/4).

Alek Kurniawan mengatakan, tujuan pemerintah mengganggarkan dana bantuan untuk perjalanan domestik haji tersebut guna mewujudkan visi dan misi kota Pekanbaru menjadikan kota yang Madani.

"Inilah bukti Pemkot Pekanbaru perhatian dengan masyarakatnya, meskipun mereka yang berangkat haji tergolong orang yang mampu, pemerintah tetap memberikan kontribusi kepada mareka," katanya.

Menurut Alek, ini tahun pertama Pemkot memasukkan anggaran bantuan perjalanan domestik JCH ke dalam APBD. Biasanya berupa sumbangan dan kebijakan wali kota saja.

Untuk tahun ini Pemkot Pekanbaru menganggarkan perjalanan domestik bagi JCH sebesar total Rp870 juta.

"Jumlah ini akan digelontorkan bagi 1.300 jamaah. Dengan besaran masing-masing mendapat Rp600.000," tandasnya.

Alek menambahkan dengan adanya bantuan biaya perjalanan domestik JCH ini diharapkan setiap jamaah bisa terbantu dalam melaksanakan ibadahnya ke tanah suci.

Sekedar informasi data yang dikirim Kanwil Kementerian Agama Propinsi Riau jumlah jemaah calon haji Kota Pekanbaru tahun 1438 H atau 2017 Masehi mencapai 1.155 orang.

Sumber: ANTARA



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH