Pemkot Jayapura Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Selama 21 Hari

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 10 Februari 2023
Pemkot Jayapura Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Selama 21 Hari
Sejumlah polisi mencari korban di reruntuhan bangunan rumah makan yang tenggelam akibat gempa bumi di Jayapura, Papua, Kamis (9/2). ANTARA FOTO/Gusti Tanati/tom.

MerahPutih.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua menetapkan situasi tanggap darurat bencana selama 21 hari akibat gempa 5,4 magnitudo yang mengakibatkan empat orang meninggal dunia, Kamis (9/2).

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota Jayapura Robby Awi menuturkan, status tanggap darurat telah diputuskan bersama dalam rapat bersama instansi terkait dan terhitung mulai 9 Februari 2023 hingga 1 Maret 2023.

Baca Juga

Ratusan Orang Mengungsi Usai Gempa Jayapura

"Sehingga setelah ini kami akan menindaklanjuti struktur dan pembangunan posko sehingga masyarakat bisa mengungsi untuk sementara," ujar Robby di Jayapura.

Kata Awi, dampak dari gempa bumi 5,4 magnitudo tersebut untuk fasilitas umum seperti rumah sakit, kantor pemerintahan dan rumah warga mengalami kerusakan.

"Ini masih akan terus didata oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura dan juga dari tim yang dibentuk oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)," tuturnya.

Robby menjelaskan untuk lokasi yang terparah akibat gempa berada di Distrik Jayapura Utara dan Distrik Jayapura Selatan.

Baca Juga

2 WNI Korban Gempa Dimakamkan di Turki

Dia mengatakan Pemkot Jayapura melalui Dinas Sosial juga terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Sosial dalam membangun posko di beberapa titik di Distrik Jayapura dan Jayapura Selatan.

"Tetapi juga ada posko yang sudah dibangun di depan Kantor Wali Kota Jayapura yang dijadikan tempat pengungsian bagi warga," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Jayapura untuk tetap siaga tetapi juga jangan mudah untuk percaya informasi yang tidak benar. (*)

Baca Juga

123 WNI Terdampak Gempa Turki Tiba di Ankara

#Breaking #Gempa #Jayapura
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan