Pemkot Jaktim Beri Perawatan Khusus Ibu Eny ODGJ di Jatinegara

Mula AkmalMula Akmal - Kamis, 05 Januari 2023
Pemkot Jaktim Beri Perawatan Khusus Ibu Eny ODGJ di Jatinegara
Kondisi terkini rumah mewah milik Eny di Cakung, Jakarta, Rabu (4/1/2023). ANTARA/Yogi Rachman

MerahPutih.com - Kisah Eny Sukaesih, warga Jalan Paron, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur tengah menjadi perbincangan publik, pasca ramai di media sosial.

Eny jadi sorotan usai seorang Youtuber dengan nama Instagram Irfan Jayani, membagikan kisah mirisnya di kanal Youtube Bang Brew TV.

Baca Juga:

Pemenuhan Hak ODGJ dan ODMK di Sistem Hukum di Indonesia

Mirisnya, Eny tinggal di rumah mewah berlantai dua yang terbengkalai bersama putranya bernama Tiko selama puluhan tahun tanpa air bersih dan listrik.

Sejak ditinggal suaminya, Herman sekitar 12 tahun silam, kejiwaan Eny bergejolak hingga ia mengidap orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Sebelum kasus viral petugas Sudin Sosial Jakarta Timur sempat berupaya membawa Eny ke fasilitas kesehatan agar mendapatkan penanganan medis atas kondisi psikis dialami, namun ditolak.

Ramai jadi perbincangan, Pemerintah DKI melalui Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur beserta PPSU serta relawan mulai membersihkan rumah Eny sejak Rabu.

Dalam kerja bakti ini Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur mengerahkan sebanyak 12 personel dan satu unit mobil pompa kapasitas 4.000 liter.

Kerja bakti dilakukan dengan menyemprotkan air dari unit mobil pompa ke seluruh area rumah, lalu dibersihkan oleh anggota Damkar, PPSU, dan relawan menggunakan perabot.

Hanya saja, untuk pembersihan bagian langit-langit rumah tidak disemprot langsung agar tak merusak bangunan.

Sementara, untuk rumput dan tanaman liar di halaman rumah Eny dipangkas jajaran PPSU Kelurahan Jatinegara, sehingga kondisi bangunan bisa lebih baik dari sebelumnya.

Suku Dinas Sosial Kota Jaktim saat ini tengah berupaya merawat Ibu Eny di Panti Werdha milik Pemerintah DKI Jakarta yang ada di Cipayung Jakarta Timur. Kini Sudinsos tengah membujuk sang anak, Tiko agar orang tuanya diizinkan dirawat. Tiko pun dikasih leluasa oleh Pemprov DKI untuk berkunjung setiap hari untuk menengok ibunya.

Pemkot Jakarta Timur memastikan perhatian dan bantuan sosial maupun kesehatan secara maksimal untuk Eny Sukaesi serta Tiko. Setiap bulannya Ibu Eny dan Tiko mendapatkan bantuan. Bantuan tersebut sudah diberikan Pemkot Jaktim kepada Eny sejak 2019 lalu.

Sejumlah bantuan yang sudah diberikan antara lain pada tahun 2019 mengunjungi Ibu Eny untuk pembuatan KTP elektronik, tahun 2020 dibuatkan BPJS Kesehatan, kemudian didaftarkan ke Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) pada tahun 2020 dan telah ditetapkan oleh Kementerian Sosial pada bulan februari tahun 2022.

Selain itu Tahun 2021 menerima ATM Bantuan Sosial Tunai (BST) dan tahun 2023 ini masuk kedalam calon penerima program Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD) Lansia.

Baca Juga:

Punya Rumah Sakit Jiwa Tapi Jabar Kekurangan SDM Penanganan ODGJ

Ibu Eny saat ini tengah menjalani perawatan di RSKD Duren Sawit untuk pengobatan hingga sembuh, sementara Tiko telah diberdayakan sebagai petugas keamanan di tempatnya tinggalnya.

Direktur Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Duren Sawit, dr. Nikensari Koesrindartia, mengatakan, saat ini Ibu Eny masih dalam perawatan dan assement dari dokter jiwa yang sedang menangani.

"Ibu Eny dilayani dengan baik dikonsulkan dengan dokter ahli jiwa. Saat ini Ibu Eny masih dalam penanganan medis dan dalam pendampingan oleh dokter psikiater," ujarnya.

Perawatan Ibu Eny di RSKD Duren Sawit sejak tanggal 30 Desember 2022 hingga hari ini. Tiko, anak ibu Eny, juga akan diberikan pendampingan dan pemeriksaan
Kesehatan di RSKD Duren Sawit.

"Kondisi terakhir beliau sudah lebih baik meski demikian masih perlu pendampingan agar Ibu Eny dapat lebih terkontrol lagi," ujar dr Niken.

Camat Cakung, Fajar Eko Satrio, mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan RT/RW setempat terkait anak Ibu Eny, Piko, akan dibantu difasilitasi untuk melanjutkan Pendidikan dengan mengikutkan ke program Kejar Paket C. (Asp)

Baca Juga:

ODGJ Lempari Batu KA Batara Kresna Hingga Kaca Kabin Pecah

#Polsek Jatinegara #Pemerintah Kota #Pemkot Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan