Pemkot Jakpus Kesulitan Lacak Massa Suporter Persija Jakarta yang Konvoi Kemenangan

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 26 April 2021
Pemkot Jakpus Kesulitan Lacak Massa Suporter Persija Jakarta yang Konvoi Kemenangan
The Jakmania saat konvoi kemenangan Persija Jakarta di Bundara HI, Minggu (25/4). Foto: MP/Istimewa

MerahPutih.com - Suku Dinas (Sudin) Kesehatan Jakarta Pusat mengaku kesulitan melaksanakan pelacakan terhadap massa pendukung Persija Jakarta yang gelar pesta kemenangan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) pada Minggu (25/4) malam kemarin.

Kasudinkes Jakpus, Erizon Safari mengaku, belum mengarah melancarkan pelacakan terhadap suporter The Jakmania yang selebrasi kemenangan Persija dengan mengabaikan protokol kesehatan.

Baca Juga

Polda Metro Jaya Segera Panggil Manajemen Jakmania

"Orangnya siapa, kita juga nggak bisa identifikasi, gimana kita bisa mulai tracing yah. Itu kan massa," ujar Erizon saat dikonfirmasi awak media, Senin (26/4).

Erizon mengatakan, dirinya tidak mengetahui warga dari wilayah mana yang pesta kemenangan Persija tadi malam. Ia pun menyakini massa tersebut dari segala penjuru ibu kota bahkan massa dari luar Jakarta.

"Dalam kondisi seperti itu susah, bukan kondisi tracing umum, kita tahu ada fokus di mana, fokus di mana, kita bisa sebar, kita bisa perluas. Kalau ini sedemikian orang, ratusan ribu, gmana," papar dia.

Jakmania berkonvoi di jalanan untuk merayakan keberhasilan Persija Jakarta juara Piala Menpora 2021. Foto: MP/Istimewa

Erizon menuturkan, euforia yang dilakukan pendukung tim macan Kemayoran itu tidak berkoordinasi dahulu dengan Pemkot Jakpus. Bila ada laporan kegiatan itu pasti akan dilarang dan walaupun mereka kekeh pesta, dipastikan diantisipasi oleh aparat.

"Tidak ada koordinasi. Bukan suatu hal yang direncanakan, nggak mungkin diantisipasi, di luar rencana," papar dia.

Saat ini, kata dia, pihaknya akan memonitoring warga yang terkonfirmasi COVID-19, apakah masyarakat yang ikut serta dalam euforia di HI malam tadi. Misalkan dalam wawancara di fasilitas kesehatan Jakpus mereka berasal dari sana, pihaknya langsung gencarkan pelacakan

"Mulai dari mereka, katakanlah ada yang positif, kita mesti lihat mereka satu mobil dengan siapa, mereka berkerumun dengan siapa, itu mesti yang kita cari, itu titik awalnya kalau terjadi sesuatu," ungkapnya.

Diketahui, Minggu (25/4), Persija berhasil menekuk Persib Bandung dengan skor 2-1 pada leg kedua final Piala Menpora 2021.

Pada leg 1 Persija juga berhasil memalukan Maung Bandung hingga skor akhir 2-0. Agregat dua pertandingan itu yakni 4-1 untuk keunggulan juara Liga 1 2018 ini. (Asp)

Baca Juga

Suporter Persija Konvoi, DPRD DKI Kritik Pemprov DKI dan Polda Metro Jaya

#Persija
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan