Pemkot Bogor Perpanjang Pemberlakuan Jam Masuk Sekolah Pukul 08.00 WIB

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 10 Mei 2023
Pemkot Bogor Perpanjang Pemberlakuan Jam Masuk Sekolah Pukul 08.00 WIB
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto saat mengumumkan pemberlakuan dua arah di pusat kota dan perpanjangan jam masuk sekolah pukul 8.00 WIB pada Senin (8/5). ANTARA/Linna Susanti

MerahPutih.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor memperpanjang pemberlakuan jam masuk sekolah dari biasanya pukul 07.00 WIB menjadi pukul 08.00 WIB. Kebijakan ini untuk menghindari kepadatan lalu lintas selama rekayasa lalu lintas dua arah di pusat kota dampak revitalisasi Jembatan Otista.

"Jam masuk sekolah tetap jam 08.00 WIB, jadi ini masih fase-fase penyesuaian rekayasa lalu lintas," tutur Wali Kota Bogor, Bima Arya di Bogor, Selasa (9/5).

Baca Juga

Bima Arya Bertemu Pj Heru, Bahas Transportasi Jakarta dan Bogor

Perpanjangan pemberlakuan pengaturan jam masuk sekolah pada satuan pendidikan PAUD/TK, SD dan SMP yang semula akan berakhir 9 Mei 2023 diperpanjang hingga 16 Mei 2023.

Keputusan ini menindaklanjuti hasil evaluasi pelaksanaan perubahan arus lalu lintas di Kota Bogor dengan sedang dibangunnya jembatan Otto Iskandardinata (Otista) yang saat ini masih memerlukan upaya penyempurnaan manajemen lalu lintas untuk meningkatkan mobilitas dan aksesibilitas lalu lintas secara keseluruhan di Kota Bogor.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Sujatmiko menyampaikan karena rekayasa lalu lintas yang diberlakukan membutuhkan penyesuaian di masyarakat, jam masuk sekolah dimajukan masih perlu diperpanjang.

Baca Juga

Puncak Bogor Macet Parah, 8 Jam Mobil Tidak Bergerak

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bogor, Jawa Barat sepakat memberlakukan dua arah di beberapa titik satu arah (SSA) di pusat kota selama revitalisasi Jembatan Otista untuk mempermudah masyarakat mengakses lokasi-lokasi sentral kegiatan ekonomi mulai Selasa (9/5) pukul 21.00 WIB.

Bima Arya mengumumkan bahwa setelah mendengarkan masukan dari warga yang menginginkan pemberlakuan dua arah kembali di Jalan Jalak Harupat, Simpang Kapten Muslihat dan lain-lain karena terdampak secara ekonomi.

Rute baru dua arah arus lalu lintas di pusat kota, yang pertama, di Jalan Pajajaran arah Tugu Kujang bisa belok kiri ke Jalan Jalak Harupat atau arah Lapangan Sempur hingga bisa belok ke Stasiun Bogor, Mal BTM hingga Suryakencana tanpa harus memutar ke Simpang Jambu Dua.

Sebaliknya, kedua, dari arah Suryakencana bisa tetap menuju Balai Kota Bogor hingga arah Sempur ke Jalan Pajajaran, dengan catatan memutar terlebih dahulu di Air Mancur, tidak bisa langsung belok di Simpang Denpom III/1.

Ketiga, dari arah Sukasari masih sama seperti rekayasa awal, kendaraan dari arah Jalan Siliwangi saru arah ke Jalan Suryakencana dan kendaraan arah Batutulis tetap dipenggal di Gang Aut belok ke Lawang Saketeng untuk keluar di belokan BTM. Akan tetapi, kini bisa belok ke Jalan Otista menuju Suryakencana dan Pasar Bogor di Jalan Roda dan kembali ke Sukasari atau Batutulis. (*)

Baca Juga

360 Ribu Orang Diprediksi Bakal Datangi Bogor saat Libur Lebaran

#Kota Bogor #Wali Kota Bogor
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan