Pemkot Bandung Musnahkan Ratusan Kilo Jeroan Hewan Kurban

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 12 Juli 2022
Pemkot Bandung Musnahkan Ratusan Kilo Jeroan Hewan Kurban
Jeroan hewan kurban. (Foto: Humas Kota Bandung)

MerahPutih.com - Pemerintah Kota Bandung menerjunkan tim untuk memantau penyembelihan hewan kurban selama tiga hari perayaan Idul Adha. Tercatat, ada 233 lokasi pemotongan hewan kurban yang tersebar di 30 kecamatan se-Kota Bandung.

Kepala DKPP Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar memaparkan, dari total pemotongan 840 ekor sapi yang telah terperiksa di Kota Bandung, sebanyak 223 di antaranya ditemukan beberapa penyakit pada organ dalam atau jeroan.

Baca Juga:

Jumlah Hewan Kurban di Kota Solo Turun 15 Persen, DidugaTerdampak Wabah PMK

"Dari 223 ekor sapi, kami afkirkan seberat 292,05 kg jeroan yang terdiri dari hati, paru-paru, limfa, jantung, dan trachea," ujarnya, Selasa (12/7).

Rinciannya, kata ia, masing-masing berat jeroan yang diafkirkan ialah hati sebanyak 263,28 kg, paru-paru sebanyak 21,42 kg. Kemudian, limfa sejumlah 4,85 kg, jantung sejumlah 2 kg, dan trachea sebanyak 0,5 kg.

"Kasus yang ditemukan itu ada cacing di organ hati, lalu pneumonia di paru-paru. Kasus ini paling banyak ditemukan di rumah pemotongan hewan (RPH)," ungkapnya.

Ia menegaskan, sedangkan dari pemotongan 1.273 ekor domba yang terperiksa, ditemukan 199 ekor yang memiliki jeroan bermasalah dengan jeroan diafkir seberat 77,628 kg, terdiri dari hati, paru-paru, limfa, dan daging.

Rincian dari tiap bagian yang diafkirkan di antaranya, hati sebanyak 39,78 kg. Lalu, paru-paru sejumlah 22,256 kg. Kemudian, limfa sebanyak 0,592 kg. Terakhir, daging yang diafkirkan sebanyak 15 kg.

Ia memapatkan, sampai hari kedua penyembelihan hewan kurban, total sapi dan domba kurban yang telah terperiksa di Kota Bandung sebanyak 2.113 ekor.

Pemkot Bandung menerjunkan tim Antemortem (pemeriksaan kesehatan hewan potong sebelum disembelih) untuk memeriksa hewan kurban sejak 23 Mei 2022 lalu. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Pemkot Bandung Terjunkan Tim Pemeriksaan Jeroan Selama Hari Penyembelihan Hewan Kurban

#Hewan Kurban #Idul Adha #Ibadah Haji
Bagikan
Bagikan