Pemkot Bandung Lakukan Pendataan Pendatang

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 02 Mei 2023
Pemkot Bandung Lakukan Pendataan Pendatang
Pendataan pendatang. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Arus balik lebaran dijadikan masyarakat sebagai salah satu urbanisasi atau perpindahan penduduk dari desa ke kota terutama untuk mencari pekerjaan.

Pemerintah Kota Bandung di Provinsi Jawa Barat mendata pendatang yang memasuki wilayahnya setelah Lebaran. Para camat, lurah, serta pengurus rukun warga dan rukun tetangga sudah diminta untuk mendata pendatang.

Baca Juga:

Pendatang Baru ke Jakarta Harus Miliki Jaminan Pekerjaan dan Tempat Tinggal

"Para pendatang kita data. Saya minta aparat kewilayahan mendata agar kita tahu para pendatang itu datangnya dari mana dan tujuannya apa, sehingga secara administratif terdata datang dari mana, mau apa, tinggal di mana dan sama siapa," kata Pelaksana Harian Wali Kota Bandung Ema Sumarna.

Ia menyampaikan, pemerintah kota tidak melarang atau membatasi pendatang memasuki wilayah Kota Bandung.

"Itu rata-rata dalam dua tahun terakhir sekitar 4.200 warga pendatang. Kita tidak melarang dan kita kan tidak boleh melarang siapapun datang, namun lebih baik ada persiapan," katanya.

Ema menyampaikan, para pendatang sebaiknya menyiapkan bekal saat mengadu nasib di kota besar.

"Kita tidak boleh melarang, hanya kalau urusannya mengadu nasib jangan hanya pertaruhan saja, tapi diimbangi kemampuan dan kapasitas, daya saing, supaya di sini itu benar-benar produktif, tidak menjadi pengangguran," katanya.

Ia mengingatkan, supaya tidak menjadi beban siapapun, beban dirinya, saudaranya, keluarganya, atau juga menjadi beban kota.

"Sekiranya tidak mampu bersaing, mungkin secara bijak bisa mencari alternatif lainnya," katanya.

Ema menyampaikan, arus mudik dan balik Lebaran tahun 2023 di Kota Bandung secara umum berlangsung lancar.

"Di Kota Bandung tidak hal-hal yang berimplikasi negatif. Semuanya kondusif dan berjalan baik, serta dalam keadaan situasi yang aman terkendali. Kami pun selalu memantau dan berkomunikasi dengan para pimpinan harapkan selamanya seperti itu," katanya. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Tanpa Operasi Yustisi, Disdukcapil DKI Data Pendatang Baru

#Mudik #Arus Balik Mudik
Bagikan
Bagikan