Pemkot Bandung Klaim 90 Persen Pemilih Baru Sudah Masuk Perekaman E-KTP

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 26 Mei 2023
Pemkot Bandung Klaim 90 Persen Pemilih Baru Sudah Masuk Perekaman E-KTP
Perekaman e-KTP. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Pelaksanaan tahapan pemilu serentak sudah dimulai. Paling tidak ada pilpres yang berbarengan dengan pileg dan dilanjutan pilkada diberbagai daerah.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Saan Mustopa mengingatkan, dukungan dari Pemda sangat penting untuk kelancaran pesta demokrasi ini terutama pada November 2024 atau pilkada serentak.

Baca Juga:

Bareskrim Dalami Dugaan Dana Peserta Pemilu 2024 dari Bandar Narkoba

"Ini sejarah. Karena sejarah pertama, maka penting kolaborasi sinergi antara Pemda Bawaslu dan KPU memastikan tentang persiapan dan kesiapan bahwa pemilu berjalan baik," ungkapnya.

Ia menilai kesiapan dan persiapan Pemilu di Kota Bandung sudah berjalan baik dan siap mulai dari persiapan teknis hingga tahapan lainnya.

Pelaksana Harian Wali Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, persiapan penyelenggaraan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) di Kota Bandung berjalan baik dan lancar.

Pemkot Bandung bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandung akan terus bersinergi demi menyukseskan Pemilu serentak tahun 2024.

Ema memastikan, Pemkot Bandung terus memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan Pemilu melalui anggaran yang memadai.

Selain itu, untuk memastikan seluruh warga kota Bandung mendapatkan hak pilihnya, Disdukcapil Kota Bandung terus melakukan perekaman e-KTP bagi masyarakat.

"Perekaman e-KTP secara umum 90 persen sudah masuk perekaman. Terutama usia baru yang belum terekam. Sebaran layanan ada 30 kecamatan 151 kelurahan, dikita sudah kerjasama dengan gerai pelayanan, MPP dan mepeling jemput bola kepada masyarakat memberikan pelayanan terbaik," ujarnya.

Ketua KPU Kota Bandung, Suharti mengatakan, Pemkot Bandung sangat mendukung penuh pihaknya dalam mempersiapkan Pemilu. Mulai dari dukungan anggaran hingga sosialisasi.

"KPU selalu didukung data dari Disdukcapil Kota Bandung sehingga memudahkan kita. Alhamdulillah proses tersebut memudahkan kami dalam pemuktahiran data pemilih kota Bandung. Sehingga semakin akurat," imbuhnya.

Di Kota Bandung terdapat 7.438 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan lebih dari 1,8 juta pemilih. Untuk itu ia meminta seluruh stakeholder untuk bersama dapat menyukseskan Pemilu. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

KPU Bakal Buka Ulang Kotak Suara Guna Cegah Kecurangan Pemilu 2024

#Pemilu #Pemilu 2024
Bagikan
Bagikan