Pemkot Bandung Gandeng Korsel Perkuat Keamanan Siber

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Sabtu, 20 Agustus 2022
Pemkot Bandung Gandeng Korsel Perkuat Keamanan Siber
Kerja sama Pemkot Bandung dengan perusahaan teknologi asal Korea Selatan. (Humas Bandung)

MerahPutih.com - Pemerintah Kota Bandung (Pemkot) Bandung menjalin kerja sama dengan perusahaan teknologi di Korea Selatan (Korsel), Steal Alien Indonesia. Kerja sama ini, dilakukan karena Pemkot Bandung sedang gencar mentransformasi layanan secara digital.

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, tingginya pemanfaatan teknologi digital membuat diperlukan upaya menjaga, meningkatkan, dan memperkuat keamanan siber.

Baca Juga:

Grup Keamanan Siber Global Identifikasi 1.150 Pangkalan Data Terbuka di Indonesia

Menurutnya, Kota Bandung merupakan barometer smart city di Indonesia dengan berbagai aplikasi yang dibangun. Maka, permasalahan kerentanan kemanan siber ini merupakan bagian yang menjadi perhatian Kota Bandung.

"Apalagi selama pandemi kami membuat berbagai aplikasi untuk mengurangi interaksi langsung. Itu rentan terhadap serangan siber, maka perlu perlindungan terhadap serangan siber. Kami berterima kasih Steal Alien telah memberikan dukungan," kata Yana.

Ia menegaskan, transformasi digital yang telah lakukan dapat terus dikembangkan dan memenuhi kemanan standar internasional demi kelancaran layanan internal dan layanan publik Pemkot Bandung.

Yana berharap, kerja sama yang terjalin dapat berkelanjutan dan memberikan manfaat yang luas terutama untuk pelayanan terhadap masyarakat.

"Ikhtiar kami memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Kami butuh dukungan dari semua pihak dan terus berinovasi. Teknologi terus berkembang, dengan ditangani ahli di bidangnya, kami yakin sistem kami akan aman dari serangan siber," katanya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung, Yayan Ahmad Brilyana mengatakan, keamanan informasi dan siber merupakan rangkaian penilaian Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

"Salah satu penilaian adalah kemanan aplikasi, kita hanya mendapatkan level 1. Mudah-mudahan dengan adanya kerjasama ini bisa meningkatkan nilai SPBE ke level 4," ujarnya.

Yayan mengatakan kerja sama ini berlangsung selama 2 tahun dengan nilai manfaat sebesar Rp 1,8 miliar.

"Kami menyambut baik pemanfaatan PenTest dan pemberian lisensi keamanan sistem selama 2 tahun dari Steal Alien Indonesia untuk membantu kami dalam keamanan sistem," katanya. (Imanha/ Jawa Barat)

Baca Juga:

Jumlah Tenaga Ahli Kurang, Keamanan Siber Rentan

#Audit Keamanan #Serangan Siber
Bagikan
Bagikan