Pemkot Bandung Bikin Pilot Project Inovasi Bakteri Kurangi Kasus DBD

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 10 November 2023
Pemkot Bandung Bikin Pilot Project Inovasi Bakteri Kurangi Kasus DBD
Sosialisasi pencegahan DBD.

MerahPutih.com - Pemerintah Kota Bandung telah mengimplementasikan inovasi bakteri wolbachia ke dalam telur-telur nyamuk aedes aegypti di Kecamatan Ujungberung.

Wolbachia adalah salah satu genus bakteri yang hidup sebagai parasit pada hewan artropoda. Infeksi Wolbachia pada hewan akan menyebabkan partenogenesis, kematian pada hewan jantan, dan feminisasi. Bakteri ini tergolong ke dalam Gram negatif, berbentuk batang, dan sulit ditumbuhkan di luar tubuh inangnya.

Baca Juga:

DPR Pertanyakan Kesiapan Pemerintah Hadapi Lonjakan Kasus DBD

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Bandung, Anhar Hardian mengungkapkan kekhawatirannya terjadi peningkatan kasus DBD di Kota Bandung pada awal musim penghujan.

"Program Wolbachia ini diharapkan akan menjadi salah satu ikhtiar yang bisa menekan kasus DBD di Kota Bandung," kata Anhar.

Anhar mengajak warga Kota Bandung mendukung Program "ce Woli Jawara" Cegah DBD, Wolbachia Jagi Wargi Bandung Juara.

Iriani Samad mengapresiasi upaya Kota Bandung mengimplemantasikan Wolbachia yang telah dirilis perdana di Kelurahan pasanggrahan, Kecamatan Ujungberung.

Perlu diketahui, Kecamatan Ujungberung termasuk dalam 10 kecamatan dengan kasus DBD terbanyak di Kota Bandung pada tahun 2022 sehingga dijadikan Pilot Project Wolbachia di Kota Bandung.

Terdapat 5 Kelurahan yang menjadi Pilot Project Wolbachia di Ujungberung di antaranya Kelurahan Pasanggrahan, Kelurahan Pasirendah, Kelurahan Cigending, Kelurahan Pasirwangi dan Kelurahan Pasirjati.

Perwakilan World Mosquito Program (WMP), Warsito Tantowijoyo mengaku telah melakukan monitoring dan evaluasi di Kelurahan Pasanggrahan dengan persentase 60 persen berhasil.

"Selanjutnya baru kita akan lanjut ke 4 Kelurahan lainnya. Peran dari segala leading sektor sangat berpengaruh pada keberhasilan program Cegah DBD, Wolbachia Jagi Wargi Bandung Juara (Ce Woli Jawara). (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Imunisasi Dengue dapat Cegah Anak Terkena DBD Berat

#Penyakit #Penyakit Menular
Bagikan
Bagikan