Pemkot Bandung Atasi Darurat Sampah Dengan Bangun TPST Khusus Makanan Sisa

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 08 Desember 2023
Pemkot Bandung Atasi Darurat Sampah Dengan Bangun TPST Khusus Makanan Sisa
Pembangunan TPST Gedebage. (Humas Bandung)

MerahPutih.com - Pemerintah Kota Bandung masih dihadapkan dengan darurat sampah. Untuk bisa mengolah sampah, Pemkot telah melakukan berbagai cara, misal membuat hangar maggot di 151 Kelurahan, program Kang Empos untuk 20 persen KK di setiap Kelurahan dan skema lainnya.

Selain iti, Pemkot Bandung mulai menguji coba pengoperasian Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Gedebage. TPST tersebut ditargetkan mampu mengolah lebih dari 60 ton sampah organik per hari dengan maggotisasi.

Baca Juga:

Cara Sederhana Kelola Sampah, Enggak Ribet

Saat ini, masih terdapat beberapa catatan terutama terkait dengan hangar Maggot. Maggot harus berada dalam kondisi yang tidak panas dan tidak terdapat air. Untuk itu, saat ini sedang dilakukan pemasangan paranet agar hangar terlindung dari terik matahari langsung.

Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna maggot efektif dalam penguraian sampah sisa makanan. Untuk itu, pihaknya akan mendorong sampah sisa makanan kafe dan restoran untuk diolah di TPST Gedebage.

"Semua sampah organik restoran di Kota Bandung dibawa ke sini (TPST Gedebage). Nanti bisa dicampur antara sampah pasar dan sampah restoran. Karena maggot favoritnya sisa makanan manusia. Satu kotak biofon idealnya mencapai 1 kwintal, makin banyak makanan makin banyak magotnya," ujarnya.

Ia memaparkan, sampah organik sisa makanan sehari yanh bisa diolah mencapai 20 ton sehari. Harapkan, Pemkot bisa mereduksi sampah 550 ton atau sudah 40 persen dapat terolah dengan maggot ini serta berbagai program lainnya.

Pemkot juga masih memiliki kuota 13.000 rit ke TPA Sarimukti atau sekitar 65.000 ton. Diharapkan sebelum akhir tahun TPST Gedebage akan beroperasi secara maksimal dan status Darurat Sampah segera berakhir. (Imanha/Jawa Barat).

Baca Juga:

'Langkah Membumi Festival' Kumpulkan 330 Kilogram Sampah

#Sampah #Bandung
Bagikan
Bagikan