Pemkab Tangerang Kejar Penerimaan Pajak 2023 Rp 2,6 Triliun

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 09 Maret 2023
Pemkab Tangerang Kejar Penerimaan Pajak 2023 Rp 2,6 Triliun
Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang, Slamet Budhi Mulyanto. (Azmi)

MerahPutih.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Banten, terus memperbaiki penerimaan daerah khusunya dari pajak untuk memicu pembangunan.

Pemkab menargetkan perolehan pajak pada tahun 2023 menjadi Rp 2,6 triliun bila dibandingkan target penerimaan pajak tahun 2022 yaitu sebesar Rp 2,3 triliun.

Baca Juga:

134 Pegawai Pajak Mayoritas Gunakan Nama Istri untuk Main Saham di 280 Perusahaan

"Tahun ini untuk target penerimaan pajak dari 9 jenis item wajib pajak, kita rencanakan dan targetkan mencapai Rp2,6 triliiun," ucap Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang, Slamet Budhi Mulyanto.

Kenaikan target pajak daerah pada tahun ini diperhitungkan dari pertumbuhan ekonomi dan investasi yang semakin membaik pasca pandemi COVID-19 di wilayah Kabupaten Tangerang.

"Diawal tahun 2023 ini penerimaan pajak di wilayah Kabupaten Tangerang tercatat cukup baik dengan realisasi yang sudah berada di angka 15 persen dari total target pada akhir Februari 2023," katanya.

Ia tetap optimis target perolehan pajak tersebut dapat tercapai bahkan bisa terlampaui secara maksimal. Di mana, untuk mendongkrak pencapaian target, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) masih menjadi sektor favorit penyumbang pajak daerah.

"Harus optimis, upaya untuk mencapai target kita akan terus melakukan percepatan, kemudahan dan juga pendekatan lewat beberapa program kami kedepannya. Contohnya tahun lalu ada penghapusan denda lalu ada program April Hoki dan lain sebagainya," ujarnya.

Sekretaris Direktorat Jenderal Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Horas Morits Panjaitan mengapresiasi Bapenda Kabupaten Tangerang yang realisasi pajak daerahnya tahun 2022 mencapai 121,3 persen dari target.

Baca Juga:

Negara Tak Boleh Kalah dari Mafia Pajak

#Tangerang #Pemkab Tangerang
Bagikan
Bagikan