Pemkab Sleman Raup Rp6,1 Miliar dari Kunjungan 10 Juta Wisatawan Selama 2019 Bupati Sleman Sri Purnomo. Foto: MP/Teresa Ika

MerahPutih.com - Kunjungan wisatawan ke Kabupaten Sleman selama 2019 mencapai 10,357 juta wisatawan. Pemerintah Kabupaten Sleman meraup Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi sektor pariwisata sebesar Rp 6,11 Miliar.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan, tercapainya target ini disebabkan adanya kalender event yang dipublikasikan melalui surat kabar lokal dan media sosial.

Baca Juga

Anaknya Amien Rais, Mumtaz Rais "Nyalon" Jadi Cakada Kabupaten Sleman

"Kami juga didukung banyak pihak. Para pelaku wisata terlibat dalam pengembangan destinasi wisata sehingga menjadikan ekonomi kreatif tumbuh bagus dan bergeliat,” kata Sri Purnomo di Sleman Yogyakarta, Rabu (15/1)

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sleman Sudarningsih menjelaskan jumlah ini lebih besar dari target yang ditetapkan yakni sebesar Rp 10 juta pelancong.

merapi
Kawasan Merapi yang masuk dalam Kabupaten Sleman. (Foto: Instagram@wisatasleman)

“Tahun ini target tercapai 104 persen. Kunjungan wisata selama 2019 sampai 10.537.000 orang baik wisatwan asing maupun lokal,” ujar Sudarningsih.

Baca Juga

Targetkan 10 juta Wisman, Pemkab Sleman Selenggarakan 19 Event Budaya

Pihaknya akan melakukan pembenahan sarana dan prasarana pariwisata untuk menaikkan jumlah kunjungan wisatawan. Fasilitas atraksi wisata dan penunjang pariwisata turut akan kita tingkatkan.

Salah satunya pihaknya akan membangun menara pandang, pembuatan fasilitas toilet dan parkir, penataan landscape di wilayah Kaliurang. Anggaran pembenahan ini akan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBD) dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Atraksi wisata berupa pentas seni dan event akan kami tambah di beberapa destinasi wisata. Kami akan datangkan artis nasional juga," katanya.

Baca Juga

Sleman Memperbanyak Atraksi Wisatanya

Pihaknya juga mendorong pelaku industri pariwisata menyelenggarakan event sekala nasional dan internasional diantaranya event di bidang sport tourism seperti Sleman Temple Run, Tour de Prambanan, dan Tour de Merapi.

Berita ini merupakan laporan Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya

Kredit : patricia

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH