Cacing Hati pada Hewan Kurban Tidak Berbahaya

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Minggu, 03 September 2017
Cacing Hati pada Hewan Kurban Tidak Berbahaya
Salah satu ciri hewan kurban yang sehat adalah tidak memiliki lendir di hidung (MerahPutih.com/Ikhsan Digdo)

MerahPutih.com - Dinas Pertanian Pangan, Kelautan, dan Perikanan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memastikan temuan cacing hati pada hewan kurban yang disembelih pada Idul Adha tidak berbahaya bagi manusia. Hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Pangan, Kelautan, dan Perikanan Bantul Joko Waluyo.

"Memang hati yang terpapar cacing tidak boleh dikonsumsi dan harus dimusnahkan. Namun, untuk daging dan bagian tubuh lain tetap layak dikonsumsi," katanya di Bantul, Sabtu (2/9).

Ia melanjutkan, dengan adanya kabar yang beredar di masyarakat dan viral di media sosial yang menyebutkan bahwa daging hewan yang terserang cacing hati tidak layak dikonsumsi manusia itu hanya isu dan tidak benar.

Joko mengatakan, dalam pelaksanaan kurban di wilayah Bantul kali ini, memang ada petugas yang menemukan cacing hati pada seratusan hewan baik sapi, domba mapun kambing.

Akan tetapi, Tim yang di terjunkan hanya memotong bagian hati yang terkena cacing dan dagingnya tetap dibagikan ke masyarakat untuk dikonsumsi.

"Sejauh ini, cacing yang ditemukan petugas pada hewan kurban di Bantul adalah fasciola sp, atau dalam bahasa awam dikenal sebagai cacing daun," katanya.

Selain itu, Kasi Pelayanan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Bantul Subeno mengatakan, untuk memastikan spesies cacing pada hati hewan harus melalui pemeriksaan di laboratorium.

Namun demikian, kata dia, pada dasarnya hewan yang terjangkit cacing setelah proses pemotongan hanya perlu diafkir hatinya yang rusak saja, kemudian dibakar dan dikubur. hal ini, karena cacing jarang bermigrasi ke daging, sehingga tetap aman dikonsumsi.

"Kepada masyarakat Bantul diminta untuk tidak terpengaruh dengan isu-isu yang beredar di media sosial. Sepanjang daging kurban diolah secara matang maka tidak ada masalah yang akan timbul," katanya.(*)

Sumber : ANTARA

#Hewan Kurban #Idul Adha #Daging Kambing
Bagikan
Ditulis Oleh

Zaimul Haq Elfan Habib

Low Profile
Bagikan