Peminum Kopi Biasanya Panjang Umur Kopi dapat meminimalkan risiko kematian awal. (Foto: thecoffeewindow)

SEBUAH penelitian yang dilakukan di Spanyol menemukan fakta bahwa peminum kopi memiliki kemungkinan hidup lebih panjang. Hasil penelitian yang dipresentasikan pada the European Society of Cardiology di Barcelona menyebutkan bahwa seseorang yang meminum kopi sehari sekali dapat meminimalkan risiko kematian.

Penelitian yang dilakukan atas 20 ribu orang selama 10 tahun itu memberikan kesimpulan yang berbeda terhadap kopi selama ini. Kopi bila diminum sesuai takaran dapat memberikan manfaat yang baik dan luas. Jika berlebihan sangat tidak dianjurkan.

Kopi memiliki kekuatan yang tidak pernah disadari sebelumnya. Sebenarnya kopi bukan hanya mampu meminimkan risiko kematian lebih awal, kopi memiliki zat antioksidan dan menurunkan penurunan kognitif.

Dalam masa penelitian satu dekade itu, hanya sekitar 330-an partisipan yang meninggal dunia. Dalam penelitian itu, periset memperhitungkan berbagai faktor lainnya. Seperti jenis kelamin, usia dan kondisi kawasan Mediterania yang menjadi wilayah penelitian. Dengan demikian penelitian yang dilakukan memberikan fakta yang lebih pasti.

Periset menemukan bahwa orang-orang yang meminum kopi empat cangkir sehari memiliki kemungkinan hidup lebih lama ketimbang yang lain. Ini terbukti pada partisipan yang berusia di atas 45 tahun. Kemungkinan panjang umur lebih dirasakan pada pertisipan di usia itu. Dengan dua cangkir kopi sehari memberikan efek kesehatan yang lebih baik. (psr)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH