Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan Timur Kurangi Ketimpangan Ekonomi

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 27 Agustus 2019
Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan Timur Kurangi Ketimpangan Ekonomi
Gambar peta Pulau Kalimantan, diapit Pulau Sumatera di sebelah barat dan Pulau Sulawesi di sebelah timur, sebagai wilayah calon ibu kota baru pemerintahan. (ANTARA/Bayu Prasetyo)

MerahPutih.com - Ekonom Hisar Sirait mengatakan bahwa pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur akan memgurangi ketimpangan ekonomi antara Jawa dan luar Jawa serta mampu menumbuhkan pusat-pusat ekonomi baru di Indonesia.

"Secara jangka panjang, pemindahan ibu kota negara Indonesia merupakan jawaban terbaik bagi kita untuk membangun negara ini, untuk bisa menyatakan bahwa kesenjangan ekonomi bisa diperkecil atau diminimalisir apabila kita berhasil menumbuhkan pusat-pusat ekonomi baru di seluruh wilayah Indonesia. Lewat apa? Lewat pemerataan pusat-pusat bisnis," ujarnya di Jakarta, Senin (26/8)

Baca Juga

Sepakat dengan Presiden, Djarot Sebut Pemindahan Ibu Kota Kurangi Masalah di Jakarta

Foto lokasi ibu kota baru Indonesia. Foto: Twitter/@jokowi

Rektor Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie ini pemindahan ibu kota ke luar Pulau Jawa sebetulnya sebagai upaya untuk mengantisipasi bagaimana perekonomian akan berubah.

Selain itu, jika memang semua pusat bisnis dan ekonomi berada di Jakarta, maka tidak akan bisa memberikan dampak berantai terhadap provinsi-provinsi yang lain dalam jangka panjang.

Dengan demikian, lanjutnya, akan selalu ada kesenjangan-kesenjangan pembangunan antara Jawa dan luar Jawa. Kalimantan sudah saatnya menerima manfaat dan kemajuan ekonomi melalui pemindahan ibu kota negara.

"Namun apakah pemindahan ibu kota ini urgen atau mendesak dalam jangka pendek? Saya berpandangan belum mendesak. Artinya tidak perlu buru-buru pemerintah memaksakan pemindahan ibu kota dalam waktu sekian tahun, hal ini tidak perlu sebetulnya. Biarlah dilakukan perlahan namun pasti, dan yang terpenting ialah konstruksi dalam rencana pemindahan ibu kota negara tersebut tidak berubah," kata Hisar Sirait dilansir Antara.

Baca Juga

Anak Buah Prabowo Anggap Pemindahan Ibu Kota Keputusan Gegabah

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo didampingi beberapa Menteri Kabinet Kerja, Senin (26/8), mengumumkan ibu kota baru akan berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Dalam beberapa kesempatan, Presiden Jokowi mengatakan alasan pindah ibu kota ini karena beban Jakarta saat ini sudah terlalu berat sebagai pusat pemerintahan, bisnis, dan perdagangan.

Jakarta juga terlalu padat penduduknya dan diperparah dengan polusi udara dan air, maka sudah saatnya ibu kota pindah demi pemerataan dan mengurangi kesenjangan yang ada.

Data dari Kantor Staf Presiden yang diterima ANTARA menyebut dipilihnya Ibu kota baru pindah ke Kabupaten PPU dan Kukar karena secara kajian minim bencana, baik banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan, maupun tanah longsor.

Baca Juga

Ibu Kota Pindah ke Kalimantan, Bagaimana Nasib Istana Negara?

Dua kabupaten ini juga berada di tengah wilayah Indonesia dan berdekatan dengan wilayah perkotaan yang berkembang, yaitu Balikpapan dan Samarinda. (*)

#Pemindahan Ibu Kota
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan