Peminat Surat Utang Negara Meningkat di Februari Ini

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 03 Februari 2021
Peminat Surat Utang Negara Meningkat di Februari Ini
Layanan Bank. (Foto: Antara).

MerahPutih.com - Lelang Surat Utang Negara (SUN) di pasar perdana pada awal Februari 2021 mendapatkan penawaran masuk Rp83,8 triliun. Kondisi ini, menandakan jika SUN diminati para investor.

Direktur Surat Utang Negara Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko Kemenkeu Deni Ridwan mengatakan, terdapat kenaikan penawaran lebih dari 50 persen dibandingkan incoming bids pada lelang SUN sebelumnya pada Selasa (19/1), dengan bids to cover ratio juga meningkat dari 2,26 kali di lelang sebelumnya menjadi 2,39 kali.

Baca Juga:

Indonesia Keluarkan Surat Utang, Cadangan Devisa Naik

Fokus investor pada lelang SUN juga tertuju pada dua SUN seri benchmark yaitu FR0086 dan FR0087 dengan tenor 5 dan 10 tahun dengan total penawaran yang masuk dari keduanya mencapai Rp52,38 triliun.

"Incoming bids untuk kedua seri tersebut mencapai 62,5 persen dari total, dimana tenor 10 tahun (FR0087) merupakan seri yang paling diminati dengan permintaan yang masuk mencapai Rp34,8 triliun," katanya.

Ia mengatakan, partisipasi investor asing pada lelang Selasa (2/2), mencapai 17,6 persen dari total seluruh penawaran, atau meningkat signifikan dari lelang SUN sebelumnya yaitu sebesar 13,7 persen.

"Persentase partisipasi asing di lelang perdana kali ini merupakan yang tertinggi selama tahun 2021," ujarnya dikutip Antara.

Ilustrasi uang
Ilustrasi uang. (Foto: Antara)

Sementara itu, yield tertinggi yang dimenangkan (cut off rate) secara umum tercatat lebih rendah apabila dibandingkan dengan cut off rate pada lelang sebelumnya. Penurunan terbesar terdapat pada tenor 10 tahun yang mencapai 11 bps.

Pemerintah melaksanakan lelang tujuh seri Surat Utang Negara (SUN) di pasar perdana, pada Selasa (2/2), dan menyerap dana sebesar Rp35 triliun dari penawaran masuk mencapai Rp83,79 triliun. Realisasi lelang tersebut memenuhi target indikatif yang ditetapkan sebelumnya Rp35 triliun. (*)

Baca Juga:

Pemerintah Janjikan Surat Utang Baru bagi Dunia Usaha Terdampak Corona

#Surat Utang Negara #Utang Negara #Utang Pemerintah #Kemenkeu
Bagikan
Bagikan