Karier

Pemimpin yang Baik Tahu Ketrampilan Memimpin

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 29 Desember 2021
Pemimpin yang Baik Tahu Ketrampilan Memimpin
Pemimpin harus dapat membuat bawahannya produktif. (Foto: Pexels/cottonbro)

SEORANG pemimpin merupakan orang yang dapat membantu sesamanya. Tentunya, untuk menjadi seorang pemimpin pasti memiliki beberapa sifat yang menunjukkan keterampilan kepemimpinanmu.

Seperti salah satunya dapat memotivasi dan membangun karyawannya untuk dapat lebih maju lagi. Namun tak semua orang memiliki sifat yang sama. Ada lima sifat yang menunjukkan keterampilan kepemimpinanmu buruk sesuai yang dilansir Inc.

Baca Juga:

Pentingnya Membangun dan Menjaga Lingkungan Kerja yang Positif


Pelit pujian

karier
Berikan pujian pada karyawan karena bisa berdampak positif. (Foto: Pexels/Alexander Suhorucov)


Survei yang dilakukan oleh Gallup terhadap jutaan karyawan di seluruh dunia menemukan bahwa orang-orang yang menerima pengakuan dan pujian secara teratur meningkatkan produktivitas individu, meningkatkan keterlibatan, dan lebih mungkin bertahan dengan organisasi. Maka dari itu dibutuhkan sifat yang dapat mengakui orang lain dalam melakukan pekerjaan mereka.


Hormati karyawan

karier
Orang lain akan merasa tidak nyaman jika pemimpin tak dapat menghormati sesama. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)


Hasil survei yang dilakukan oleh ResumeLab di tahun 2020 menunjukkan 72 persen dari populasi diperlakukan kasar atau tidak sopan oleh bos. Selain itu, hampir 70 persen responden dikritik di depan rekan-rekan mereka, dan 83 persen dari mereka merasa tidak enak karenanya. Kasus terburuk dari semuanya yaitu terdapat 42 persen pemimpin yang buruk menyalahkan orang lain atas kegagalan mereka, yang menurut 84 persen karyawan hal itu tidak adil. Orang lain akan merasa tidak nyaman jika pemimpin tak dapat menghormati sesama.


Komunikasi efektif

karier
Komunikasi merupakan hal yang penting. (Foto: Pixabay/Goumbik)


Komunikasi merupakan hal yang penting, baik antarpribadi atau organisasi, itu merupakan kunci untuk sukses. Apa pun bentuknya, komunikasi yang buruk dapat mempengaruhi semangat kerja, melepaskan karyawan, dan membuat pelanggan tidak puas.

Baca Juga:

Ciri-Ciri Budaya Kerja Buruk di Perusahaan


Kurangnya integritas

karier
Pemimpin yang ragu akan kehilangan hormat karyawannya. (Foto: Pexels/Mikhail Nilov)


Pengambilan keputusan yang meragukan pemimpin membuat karyawan mengurangi rasa hormat pada pemimpinnya. Seorang pemimpin harus dapat memberi contoh dan menunjukkan integritas dalam pengambilan keputusan. Jika tidak, maka dianggap tak layak untuk dijadikan seorang pemimpin. Karena seorang pemimpin harus dapat menjadi contoh yang baik untuk sesamanya agar dapat maju bersama menuju ke kesuksesan.


Feedback gagal

karier
Feedback harus dapat memotivasi keryawan. (Foto: Pexels/fauxels)


Jika ingin karyawan dapat berkembang, maka pemimpin harus dapat memberikan feedback yang berguna untuk melanjutkan tujuan bersama. Dengan memberikan feedback, ini dapat membangun hubungan saling percaya dan mengetahui bahwa ada yang mau membantu mereka untuk maju. Ketika pemimpin melakukannya dengan baik, itu dapat membantu memahami kekuatan mereka dan menunjukkan langkah berikutnya dalam kemajuan karir. (mic)

Baca Juga:

Tips Meningkatkan Etos Kerja

#Karier
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan