Pemimpin Teladan Harus Amalkan Pancasila Lambang negara (Foto: kemendagri.go.id)

MerahPutih.com - Rektor Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten DR Soleh Hidayat mengatakan bahwa para pemimpin di berbagai tingkatan di Indonesia harus menjadi teladan bagi masyarakat dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Menurut Soleh, Pancasila tidak hanya disosialisasikan kepada elemen masyarakat melainkan juga perlu contoh dari para pemimpin bangsa di berbagai tingkatan.

"Agar Pancasila tertanam di hati masyarakat serta diamalkan dalam kehidupan sehari-hari," kata Soleh di Serang, Banten, Kamis (5/10).

Ia mengatakan, salah satu penyebab berkurangnya pemahaman dan pengamalan Pancasila oleh generasi muda saat ini, karena pada era reformasi pembicaraan Pancasila hampir tidak terdengar.

"Berbeda ketika zaman orde baru dengan adanya P4, semua pemimpin bicara perlunya pemahaman, penghayatan, dan pengamalan Pancasila dan pembangunan sebagai bagian dari pengamalan Pancasila," katanya.

Pada era reformasi, kata dia, para pimpinan sepertinya malu-malu berbicara Pancasila karena ada kekhawatiran dianggap tidak reformis dan sebagai rezim orde baru.

Ia menyebut adanya hasil penelitian di mana sekitar 30 persen generasi muda saat ini tidak hafal Pancasila. "Hafal saja tidak, apalagi mengamalkan. Ini sangat memprihatinkan dan menjadi ancaman bagi Bangsa Indonesia," katanya.

Selain itu, dia juga menjelaskan bahwa adanya serbuan dahsyat dan pengaruh globalisasi serta teknologi informasi, sedangkan generasi muda belum memiliki pemahaman yang kokoh tentang Pancasila. (*)

Sumber: ANTARA


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH