Pemilu 2019 Tinggal Sehari Lagi, Ketua DPR Minta KPU dan Bawaslu Siaga Ketua DPR Bambang Soesatyo menjawab pertanyaan saat wawancara khusus dengan LKBN ANTARA. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

MerahPutih.com - Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan pengawasan Pemilu (Bawaslu) siaga untuk menghadapi berbagai potensi kecurangan di Pemilu 2019. Mengingat waktu coblos yang tinggal sehari lagi membuat potensi terjadinya kecurangan semakin kuat.

Bamsoet sapaan karibnya, juga mendorong KPU dan Bawaslu dimanapun berada baik tingkat Provinsi, Kota, dan Kabupaten agar terus siaga. Ia juga meminta agar KPU melakukan patroli untuk mencegah politik uang, ujaran kebencian, dan SARA.

Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

"Agar bekerja sama dengan Kemenkominfo dalam mengawasi potensi adanya kampanye melalui media sosial serta menuntaskan APK bersama Satpol PP," kata Bambang dalam keterangan persnya yang diterima merahputih.com, Selasa (16/4).

Tak hanya itu saja, ia juga mendorong agar KPU gencar mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya di Pemili 2019. "Mendorong KPU untuk memberikan imbauan kepada masyarakat agar dapat menggunakan hak pilihnya pada Rabu, 17 April 2019," ujar Bamsoet.

Untuk masyarakat, Bamsoet mengimbau agar memanfaatkan masa tenang dengan memantapkan pilihan dan memastikan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dimana dia harus menggunakan hak pilihnya.

"Meminta masyarakat untuk menggunakan masa tenang dengan mengoreksi dan memastikan TPS sebagai tempat mereka menggunakan hak pilihnya," ucap Bamsoet. (Knu)

Baca Juga: Masa Tenang Jelang Pemilu, BPN Minta Semua Pihak Tetap Sejuk



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH