Pemilu 2019, CSIS: AHY Bisa Jadi Kuda Hitam Peneliti Centre For Strategic And Internasional Studies (CSIS), Arya Fernandes (Foto: MP/Fadli)

MerahPutih.com - Centre For Strategic And Internasional Studies (CSIS) memprediksi di Pemilu 2019 mendatang akan muncul figur baru selain dua kandidat Jokowi dan Prabowo yang saat ini digadang-gadangkan.

Hal itu disampaikan Peneliti CSIS Arya Fernandes saat menggelar rilis survei tiga Tahun Jokowi: Kenaikan Elektoral dan Kepuasan Publik, di kantor CSIS Gedung Pakarti Jakarta Pusat, Selasa (12/9).

Menurutnya, melihat dinamika politik teranyar berikut beberapa indikator, bisa jadi akan muncul poros baru untuk menandingi Jokowi dan Prabowo.

Jika saja, SBY mampu menghimpun koalisi alternatif yang terdiri dari PPP, PKB dan PAN dan kemungkinan yang akan diusung adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Poros ini diperkirakan mungkin akan mengusung Agus Harimurti Yudhoyono, yang bisa saja akan menjadi kuda hitam," kata Arya.

Dengan munculnya poros tersebut, dipastikan akan merubah peta politik di Pemilu 2019.

Makanya, meskipun tingkat elektabilitas Joko Widodo sudah naik mencapai 50.9 persen, namun angka tersebut belum menjadi angka aman bagi seorang petahana.

"Kalau suara Prabowo diperkirakan tetap stagnan," ungkapnya. (Fdi)

Baca juga berita terkait survei Centre For Strategic And Internasional Studies di: Survei CSIS: Kepuasan Terhadap Pemerintahan Jokowi Terus Meningkat


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH