Pemilik Gedung Roboh Palmerah Diperiksa Polisi Soal Perizinan dan Perawatan

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Selasa, 07 Januari 2020
Pemilik Gedung Roboh Palmerah Diperiksa Polisi Soal Perizinan dan Perawatan
Bangungan roboh di kawasan Slipi. (Foto: Twitter/TMCPoldaMetro)

Merahputih.com - Pemilik gedung di Palmerah, Jakarta Barat yang roboh berinsial BB (59) diperiksa polisi.

BB sedianya diperiksa polisi langsung pascakejadian. Tapi, kemarin BB masih diluar kota yakni di Batam. Kini polisi masih memeriksa intensif BB sepulangnya ke Ibu Kota.

"Yang bersangkutan langsung ke Polres Jakbar," ucap Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Teuku Arsya Khadafi, saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (7/1).

Baca Juga:

Wagub DKI Bisa Bantu Atasi Banjir, Biar Anies Enggak Disalahin Sendirian

Polisi hendak menelisik proses perawatan gedung. Bukan hanya itu, polisi pun mendalami perizinan yang dimiliki gedung ini.

Sejauh ini, polisi baru memeriksa lima orang karyawan minimarket Alfamart yang ada di dalam lantai dasar gedung saat kejadian. Ia minta bersabar sampai pemeriksaan rampung.

"Saat ini sedang dalam proses pemeriksaan oleh pihak Polres termasuk perijinan yang dimiliki," kata Arsya.

Sampai Selasa dini hari evakuasi pembongkaran gedung 4 lantai yang roboh di Jalan Brigjen Katamso belum juga rampung. Rencananya evakuasi akan dilanjutkan sampai Selasa (7/1) pagi ini.

Gedung lima lantai yang bagian bawahnya digunakan sebagai minimarket di Jalan Brigjen Katamso Kota Bambu Selatan, Palmerah, Jakarta Barat, roboh, Senin (6/1) pagi. Foto: TMC Polda Metro Jaya
Gedung lima lantai yang bagian bawahnya digunakan sebagai minimarket di Jalan Brigjen Katamso Kota Bambu Selatan, Palmerah, Jakarta Barat, roboh, Senin (6/1) pagi. Foto: TMC Polda Metro Jaya

Perwira Piket Pemadam Kebakaran Jakarta Barat Sukiman mengatakan proses evakuasi pembongkaran sempat dihentikan Selasa Pukul 00.00 WIB.

"Alhamdulillah Proses evakuasi pembongkaran gedung lancar, namun mengingat situasi diberhentikan pukul 24.00 WIB dan rencananya dilanjudkan hari ini," kata Sukiman saat dikonfirmasi.

Rencananya proses evakuasi pembongkaran akan kembali dilanjutkan Pukul 8.30 WIB. Saat ini kata Sukiman, petugas tinggal membongkar lantai dua yang telah rubuh.

Baca Juga:

Pemprov DKI Bakal Digugat Warga Jakarta Akibat Banjir

Sementara itu Kepala Seksi Operasi Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat, Eko Sumarno mengatakan pembongkaran gedung tadi malam dilakukan dengan cara dilas.

"Pembongkaran menggunakan dari Damkar unit Bronto, las dan gunting pemotong besi," kata Eko saat dikonfirmasi wartawan.

Selain libatkan rescue Damkar, pembongkaran gedung 4 lantai itu juga dibantu oleh Wahana Info Nusa dengan mengerahkan 2 unit Beko. Selain itu ada juga dukungan dari 2 unit Rescue dan 1 unit Pompa. (Knu)

#Gedung Runtuh
Bagikan
Bagikan