Pemilihan Wagub DKI Diminta Libatkan Lembaga Penegak Hukum Presiden Partai Keadilan Sejahtera Mohamad Sohibul Iman saat menyambangi cafe milik Calon Wakil Gubernur DKI Nurmansjah Lubis, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Selasa (28/01/2020). (Hilal/PKSFoto)

MerahPutih.com - Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago menilai perlu ada lembaga khusus yang mengawasi pemilihan Wagub DKI yang mempertarungkan antara Ahmad Riza Patria dan Nurmansjah Lubis.

Pasalnya, pertarungan keduanya berpotensi menimbulkan adanya politik uang. Pangi meminta, segenap lembaga terkait bisa ikut mengawasi dalam proses pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta ini.

Baca Juga

Pamor Cawagub DKI Riza Patria Lebih Unggul Dibandingkan Bang Ancah

"PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan) dan polisi harus memeriksa," kata Pangi kepada wartawan di Jakarta, Senin (10/2).

Ia melihat, masih terjadi tarik menarik kepentingan dalam pemilihan orang nomor dua di DKI itu.

"Saya lihatnya ini karena belum 'cair' atau sepakat antara partai pengusung dengan anggota DPRD. Kalau nanti ditelusuri ada money politics sangat disayangkan ya. Jadi saya mencermati kalau enggak dipilih-pilih berarti kesalahan ada di DPRD DKI," katanya.

Pangi
Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago

Pangi menduga terhambatnya pemilihan wakil gubernur karena belum ada kesepakatan antara partai pengusung dengan para anggota DPRD DKI Jakarta.

"Ini harus steril dari transaksi politik atau money politics ya. Karena ada kecurigaan kenapa proses ini selalu buntu di DPRD atau DPR," ungkap Pangi.

"Ada beberapa wilayah yang sampai periodenya berakhir tidak punya wagub. Misalnya Rano Karno dulu menjadi gubernur Banten menggantikan Atut, tapi sampai berakhir tidak ada wagubnya," terang Pangi yang jug Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting ini.

Diketahui, awal pengajuan nama kandidat wagub DKI PKS memberikan nama Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. Setelah lama tak diproses, Partai Gerindra kemudian mengusung empat nama.

Baca Juga

Cawagub DKI Riza Patria Kembali Safari Politik ke Fraksi DPRD

Mereka adalah Sekda DKI Jakarta Saefullah, Dewan Penasihat DPP Gerindra Arnes Lukman, Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry Juliantono, dan Ketua DPP Partai Gerindra Riza Patria.

Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta dari PKS Nurmansjah Lubis (tengah) saat berada di gedung DPRD. (Foto: MP/Asropih Opih)
Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta dari PKS Nurmansjah Lubis (tengah) saat berada di gedung DPRD. (Foto: MP/Asropih Opih)

Dari keempat nama tersebut hanya Riza Patria yang dipilih untuk diduelkan dengan Nurmansjah Lubis di DPRD DKI Jakarta. (Knu)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH